Iriandi Ngeri Parit Pontianak Jadi Tempat Sampah

BERSIH - Lokasi parit di kawasan Sungai Raya Dalam tampak bersih. Hanya saja, saat ini kualitas air makin menurun, lantaran sudah tercemar dengan limbah industri.
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan I, Iriandi Azwartika mengaku ngeri melihat banyak parit di Kota Pontianak justru menjadi tempat pembuangan sampah. Limbah sampah yang menyumbat parit, menurut Iriandi kebanyakan berasal dari rumah komunal, industri dan perkantoran. Celakanya pembuangan limbah tersebut tanpa melalui Instalasi Pembuangan Akhir Limpal (IPAL).

“Bayangkan saja parit-parit yang ada di semua kota, termasuk Pontianak sepertinya jadi tempat sampah. Ngeri saya melihatnya,” kata Iriandi.

Muat Lebih

Secara umum, air katanya sudah jadi perhatian dunia. Di mana saat ini kualitas air makin menurun, termasuk di Pontianak. Perlu kepedulian masyarakat untuk bersama pemerintah menjaga kualitas, kesinambungan dan ketersediaan air.
Kepala Subdit Operasi dan Pemeliharaan Sungai dan Pantai, Kementerian PU-PR, Muhamad Marasabessy memuji Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, dianggap mampu merepresentasikan apa yang diinginkan dari pusat ke Pemkot.

“Satu pernyataan Wali Kota yang saya garisbawahi adalah dia tidak melihat ini kewenangan siapa, tapi dia melihat semua itu secara komprehensif atau secara keseluruhan aspek yang ada,” kata Muhamad.

Menurutnya, daerah yang lebih tahu bagaimana keadaan di lapangan. Bagian Kementerian berada dalam pendanaan dan desain. Dari Balai Sungai dan Lingkungan Hidup bisa bersama turut bersinergi.

“Jadi, pengelolaan memang selalu terjadi keterkaitan antara lintas instansi yang ada, sehingga akan bertemu pada titik di mana sungai akan lestari,” sebutnya.(IP-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *