Sintang Belum Siap UNBK SMP

banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com — Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs akan digelar pada 17-19 April. Secara nasional, pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP ini Berbasis Komputer (UNBK). Namun Kabupaten Sintang belum bisa melaksanaan UNBK tingkat SMP di tahun ini.

Kepala Disdikbud Kabupaten Sintang, Lindra Azmar persiapan pelaksanaan UN tingkat SMP sedang dilakukan. Disdikbud Sintang juga telah menggelar rapat koordinasi kepala sekolah untuk pelaksanaan UN ini. Tahun ini, kata dia, UN tingkat SMP di Kabupaten Sintang belum berbasis komputer. Pelaksanaan UNBK di Sintang akan diujicobakan pada tahun 2018 mendatang. “Fasilitas untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP di sekolah akan dilengkapi,” janji Lindra.

Muat Lebih

Kata Lindra, paling tidak ada lima sekolah yang akan diujicobakan untuk melaksanakan UNBK tahun depan. Sejumlah SMP, kata Lindra, sebenarnya sudah siap melaksanakan UNBK. Seperti SMPN 1 Sintang dan SMP Pancasetya. Tinggal beberapa kekurangan fasilitas di sekolah itu yang harus dilengkapi.

Untuk pelaksanaan UN SMP tahun ini, Kabupaten Sintang menargetkan tingkat kelulusan 100 persen. “Saya berharap seluruh sekolah mempersiapkan para siswa yang akan mengikuti UN dengan baik. Berikan tambahan jam belajar seperti try out pada para siswa,” pintanya.

Sementara untuk UN tingkat SMA, lanjut Lindra, pemkab hanya bertugas monitoring. Sebab kewenangan pengurusan SMA dan SMK sudah diambil Pemprov. “Pelaksanaan UN SMA/SMK menjadi kewenangan Pemprov. Kami hanya membantu monitor saja,” ujarnya.

Ia juga berharap Kepala sekolah meningkatkan kinerjanya. Mau mengembangkan diri seperti melanjutkan pendidikannya ke pasca sarjana. Setiap kepala sekolah, pinta Lindra, harus memiliki kompetensi manajerial, sosial dan kepedulian. “Kepsek harus mampu mengembangkan sekolah, mengelola SDM dan keuangan dengan transparan. Kepala sekolah saya minta mampu melakukan terobosan,” pintanya. (IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *