Sintang Dapat Jatah 337 GGD

Yustinus
banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menerima jatah 337 guru garis depan (GGD) yang diangkat langsung oleh pemerintah pusat. Ratusan GGD itu bakal mengurangi beban kekurangan 3.264 guru yang dialami Kabupaten Sintang.

Kabupaten Sintang dipastikan mendapat jatah GGD mencapai 337 orang. Tapi jumlah tersebut belum menutupi kekurangan guru di daerah ini. Sekretaris Disdikbud Sintang, Yustinus menyampaikan, GGD untuk Kabupaten Sintang ini akan ditugaskan di daerah perbatasan dan terpencil. “Penempatannya di daerah Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah,” katanya.

Muat Lebih

Namun, mesti sudah mengetahui jatah GGD untuk Kabupaten Sintang, Yustinus mengaku, sampai sekarang pihaknya belum menerima tembusan dari pemerintah pusat terkait surat tugas GGD tersebut. “Sehingga GGD inipun masih tanda tanya karena sampai sekarang surat tugasnya belum ada,” katanya.

Ditambahkan Yustinus, karena belum memiliki surat tugas, belum ada GGD yang melapor pada pihaknya. Dia menjelaskan, guru garis depan itu diangkat oleh pemerintah pusat. GGD tersebut merupakan guru kontrak pusat yang digaji oleh pemerintah pusat langsung. “GGD ini terdiri dari guru SD dan SMP,” katanya.

Menurut Yustinus, kebutuhan guru di Kabupaten Sintang masih sangat banyak. Selain masih kekurangan 3.264 guru SD dan SMP, ada ratusan guru di daerah ini yang akan pensiun. Itu artinya Kabupaten Sintang akan semakin banyak kekurangan guru.

Dia mengatakan, tahun ini saja, ada 66 orang guru yang akan pensiun. 61 orang merupakan guru SD dan 5 orang guru SMP. Katanya, jika setiap tahun ada 50 orang guru yang pensiun, berarti hingga 2021 mendatang, setidaknya 250 guru yang pensiun. Sementara pengangkatan guru PNS sampai saat ini belum ada. Sedangkan kebutuhan guru harus segera terpenuhi. Terutama untuk sekolah-sekolah yang baru dinegerikan. “Saat ini sekolah-sekolah yang baru dinegerikan hanya memiliki seorang guru,” katanya. (IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *