Sintang Kekurangan 3.264 Guru

Yustinus
banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com – Kabupaten Sintang masih kekurangan 3.264 guru. Mengatasi masalah ini, Disdikbud Sintang pernah membuka lowongan guru kontrak, khusus ditempatkan di pedalaman. Namun sayang lowongan itu tak diminati.

KEBUTUHAN guru untuk mengajar di sekolah-sekolah pedalaman sangat banyak. Sekretaris Disdikbud Sintang, Yustinus menyampaikan itu, saat ditemui di kantornya, beberapa hari lalu.
Kata dia, kekurangan guru ditingkat SD dan SMP mencapai 3.264 orang. “Tingkat SD, masih kekurangan 2.320 orang. Sedangkan tingkat SMP, masih kurang guru 944 orang,” katanya.

Muat Lebih

Kata Yustinus, daerah ini kekurangan banyak guru kelas dan guru pelajaran. Untuk guru mata pelajaran, Sintang kekurangan banyak guru Bahasa Inggris dan guru Matematika. “Sintang juga kekurangan guru agama. Terutama agama Katolik dan Kristen,” katanya.

Dikatakan dia, Disdikbud Sintang beberapa kali pernah membuka lowongan untuk guru kontrak Bahasa Inggris dan Matematika. Hanya saja tidak ada pelamarnya karena akan ditempatkan di daerah pedalaman.
Tahun ini, lanjut Yustinus, untuk menutupi kebutuhan guru, Disdikbud Sintang berencana membuka lowongan guru kontrak tingkat SD dan SMP. Tapi jumlah yang akan direkrut juga sedikit. Hanya sekitar 50 orang saja kuota yang tersedia.

“Pembukaan guru kontrak inipun belum dipastikan. Masih dibicarakan dengan Sekda. Saya berharapnya Juni atau Juli, guru kontrak yang baru sudah mengajar,” ujarnya.

Yustinus berharap, ada kebijakan bupati untuk menambah anggaran bagi pengangkatan guru kontrak, sehingga yang tadinya kuota hanya 50 orang, bisa ditambah hingga merekrut 100 orang guru kontrak.
“Pengangkatan guru kontrak ini untuk mengisi sekolah-sekolah di pedalaman yang kekurangan guru. Terutama sekolah-sekolah yang baru dinegerikan, dimana saat ini baru ada satu orang guru yang mengajar di sekolah itu,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *