Ketua Tim Penggerak PKK Sambangi Desa Tanjung

Kristina Rupinus
banner 468x60

SEKADAU, insidepontianak.com—Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau menyambangi Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, pada Kamis (30/3). Kedatangan tersebut untuk memberikan pembinaan kepada Tim Penggerak PKK Desa Tanjung sekaligus memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu.

Kristina Rupinus, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau menuturkan, pembinaan yang dilakukan sekaligus untuk mendorong dan memotivasi PKK di desa. Hal ini, kata dia, sekaligus untuk melihat langsung kondisi yang ada di lapangan.

“Ibaratnya kalau hanya dibelakang meja saja, kan tidak tahu keadaan dilapangan seperti apa. Kerja di PKK ini sukarela, ini juga harus dipahami oleh para pengurus PKK” ujarnya saat ditemui usai kegiatan tersebut.
Ibu tiga anak itu mengatakan, Desa Tanjung memiliki potensi perikanan yang luar biasa. Apalagi, Desa Tanjung merupakan daerah delta yang diapit dua sungai, yakni Sungai Sekadau dan Sungai Kapuas.

“Bahkan ada kulinernya juga hingga membuat kue. Nah, ini yang perlu ditingkatkan kalau bisa dibuat kelompok dan bisa meminta pelatihan dari Dinas Perdagangan bagaimana membuat kemasan yang menarik dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia pun mengapresiasi, PKK Desa Tanjung yang juga memiliki kebun PKK sendiri. Dikatakan Kristina, PKK Kabupaten juga memiliki kebun percontohan yang letaknya berdekatan dengan taman kehati di belakang komplek perkantoran Pemkab Sekadau.

“Khusus Desa Tanjung nanti bisa kami bantu untuk bibit. Kalau untuk perikanan bibit ikan juga bisa diajukan melalui PKK untuk menyurati Dinas terkait,” kata dia.
“Ini adalah salah satu aset, tinggal bagaimana kedepannya. Mudah-mudahan Desa Tanjung ini bisa berhasil dan sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” sambungnya.
Dikatakan dia, program serupa menjadi kegiatan rutin yang dilakukan di kecamatan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Hal itu, tentu untuk memberikan pembinaan kepada Tim Penggerak PKK ditingkat kecamatan, desa hingga RT.
Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Syamsudin berharap Tim Penggerak PKK Desa Tanjung lebih baik dari sebelumnya. Apalagi, kata dia, pemerintah juga telah memberikan bantuan ke desa sehingga program yang dilaksanakan diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Kami telah mencoba dibidang perikanan dan Alhamdulillah sudah dilakukan. Prospek perikanan sangat baik, kami juga berharap kedepan Desa Tanjung menjadi desa wisata,” harapnya.
Sedangkan untuk kuliner, kata dia, sudah banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya ibu-ibu. “Kami berharap PKK bisa melakukannya agar bisa menunjang perekonomian keluarga,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sektretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sekadau Hilir. (IP—05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *