Putra Kalbar Jabat Komisioner KPU RI

banner 468x60

PONTIANAK, Insidepontianak.com – Putra Kalbar, Viryan Aziz akhirnya lolos seleksi dan terpilih menjabat komisioner Komisi Pemiluhan Umum (KPU) pusat, hasil pemungutan suara dilakukan oleh Komisi II DPR, Rabu (5/4/2017) dini hari.

Selain Viryan, ada enam nama lain juga terpilih menjabat komisioner KPU. Sebelumnya, Komisi II DPR menggunakan mekanisme pemungutan suara untuk seleksi calon anggota KPU-Bawaslu. Hasilnya, ditetapkan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu yang terpilih.

Muat Lebih

Pemungutan suara digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat. Setiap anggota memasukkan surat suara dalam kotak yang telah disediakan.

Sesi pertama dilakukan pemungutan suara anggota Bawaslu. Sementara, sesi kedua pemungutan suara anggota KPU. Sesi pemungutan suara selesai sekitar pukul 04.00 WIB.

Seleksi anggota KPU-Bawaslu digelar usai uji kelayakan dan kepatuhan sejak Senin (3/4). Hari pertama menguji 14 calon anggota KPU dan hari kedua menguji 10 calon anggota Bawaslu.

Hasil voting akan diserahkan pada rapat badan musyawarah siang ini sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian, hasil seleksi akan dibacakan saat rapat paripurna DPR tanggal 6 April.

“Dengan demikian, hasil ini akan kita bawa ke rapat Bamus nanti siang,” ujar Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali saat menutup sidang.

Karier Viryan Aziz di KPU sebenarnya sangat mentereng. Alumni Fakultas Ekonomi Untan ini tercatat sebagai kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pasca itu, Viryan menjabat anggota KPU Kota Pontianak selama dua periode.

Selanjutnya Viryan juga terpilih menjabat komuisioner KPU Kalbar. Dan sekarang putra asli Kota Pontianak ini terpilih sebagai komisioner KPU pusat.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun… Semoga bisa berkontribusi baik utk Demokrasi Indonesia,” tulis Viryan di akun Facebook.(IP-02)

Berikut 7 nama komisioner KPU terpilih:
1. Pramono Ubaid Tanthowi 55 suara
2. Wahyu Setiawan 55 suara
3. Ilham Saputra 54 suara
4. Hasyim Asy’ari 54 suara
5. Viryan 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik 48 suara
7. Arief Budiman 30 suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *