Pemkab Sintang Teken MoU dengan Untan

Pemkab Sintang menandatangani MoU dengan Untan
banner 468x60

SINTANG-Pemerintah Kabupaten Sintang bersama Universitas Tanjungpura (Untan) menandatangani kesepakatan bersama tentang penelitian dan pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan teknologi di Kabupaten Sintang. Penandatangan itu berlangsung di Aula Rektorat Lantai 3 Universitas Tanjungpura Pontianak, Rabu (5/4/2017).
Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa kerjasama tersebut saling menguntungkan antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi. “Kerjasama ini penting dibangun. Mengingat terdapat simbiosis mutualisme. Pemerintah membutuhkan perguruan tinggi untuk mencari solusi dalam pengembangan diberbagai bidang pembangunan, mengindentifikasi, meneliti dan menelaah potensi yang ada di Kabupaten Sintang. Sehingga dapat memberikan edukasi yang bermanfaat,” kata Jarot.

Menurut Jarot, saat ini Pemerintah Kabupaten Sintang sedang fokus untuk mencapai suatu misi yang dipertajamkan melalui enam prime mover atau penggerak utama pembangunan. Sehingga adanya kerjasama dengan Untan, akan memberikan masukan dan analisis kebijakan yang tajam serta memberikan transfer ilmu yang tepat guna. “Apalagi Kabupaten Sintang memiliki potensi daerah yang cukup besar yang dimana masih dililit oleh permasalahan yang kompleks,” tambah Jarot.

Muat Lebih

Saat ini, Sintang dihadapkan pada permasalahan seperti rusaknya infrastuktur jalan dan jembatan, produktivitas padi yang masih mencapai dibawah rata-rata nasional yang mencapai 2,67 ton perhektar, kemudian rata-rata lama sekolah penduduk di Sintang masih 6,7 tahun atau setara dengan kelas 1 SMP. “Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus bisa menjalin kerjasama untuk mengatasi berbagai permasalahan secara bersama-sama,” tutur Jarot.

Jarot yakin, Untan mampu memberikan masukan kebijakan yang tepat dalam memanfaatkan potensi daerah untuk mengatasi masalah yang kompleks. “Dengan kerjasama ini, kita perluas dan perdalam ilmu kita sesuai dengan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Kita harus mensosialisasikan energi baru dan terbarukan,“ katanya.

“Saya yakin, insitusi pendidikan seperti ini dapat menjadi mitra kerjasama yang terpercaya, profesional dan akuntabel, sehingga perjanjian ini dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen oleh pemerintah Kabupaten Sintang dengan Universitas Tanjungpura,” katanya.

Rektor Universitas Tanjungpura, Thamrin Usman mengatakan kerjasama tersebut merupakan suatu kebanggaan. Dengan adanya kerjasama, nantinya Untan akan melaksanakan program-program yang telah disusun oleh masing-masing fakultas sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Sintang. “Mengingat potensi ekonomi di Kalimantan Barat yang bergantung dengan komoditi seperti karet, sawit, mineral, kami nantinya akan fokus untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang terbaik. Dan akan mempersiapkan Sumber Daya Teknologi Informasi yang tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

“Semoga kerjasama kita menguntungkan Untan dan pemkab Sintang dan berjalan lancar dan baik,” pungkasnya.(IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *