Sintang Laksanakan Gerakan Nasional Tanam Cabai

Gerakan Tanam Cabai
banner 468x60

SINTANG—insidepontianak.com – Mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronika Ancili menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama Gerakan Nasional Tanam Cabai (Gertam Cabai) Kabupaten Sintang antara Tim Penggerak PKK Sintang dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sintang, Sabtu (8/4).
Veronika mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. “Dalam pelaksanaan Gertam Cabai ini, kami bekerja sama dengan PKK kabupaten hingga desa,” katanya.
Kata dia, Gertam Cabai dilakukan untuk memasyarakatkan agar memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam cabai. “Gertam dilakukan untuk mengurangi gejolak harga cabai di pasar, dan mengurangi pengeluaran harian rumah tangga,” bebernya.
Veronika menjelaskan, Sintang berpartisipasi dalam Gertam Cabai, dengan mengangkat dua jenis cabai. “Untuk cabai besar, kami menargetkan dapat membuka 38 hektar lahan. Untuk cabai rawit, ditargetkan sebanyak 257 hektar lahan yang tersebar di beberapa kecamatan,” katanya.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Yasinta Askiman menyampaikan, pihaknya mendukung usaha kerjasama ini.
“Harapan kami, melalui Gertam Cabai, ibu-ibu PKK di Sintang dapat memanfaatkan pekarangannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya,” kata dia.
Dia menargetkan, tahun ini cabai menjadi komoditi unggulan untuk kebun-kebuk PKK yang ada di desa dan kecamatan. Sedangkan Hotler Panjaitan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Sintang mengimbau para kades untuk mendukung Gertam Cabai dengan menganggarkannya menggunakan dana desa.
“Pada raker kepala desa, kami sudah sampaikan gerakan taman cabai ini, kami minta tiap desa dapat mengalokasikan dana desa untuk mendukung gertam cabai tersebut,” katanya. (tantra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *