Terminal Sungai Ukoi Sintang Terbengkalai

Hatta
banner 468x60

Sintang, insidepontianak.com – Terminal Sungai Ukoi sudah lama tidak berfungsi. Terminal inipun terlihat terbengkalai dan tidak terawat. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sintang menyatakan menyerah untuk mengurus terminal ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Hatta mengatakan, Pemkab Sintang akan menyerahkan pengelolaan Terminal Sungai Ukoi ke Pemprov Kalbar. “Proses penyerahan pengelolaan Terminal Sungai Ukoi ke Pemprov Kalbar, masi dilakukan,” ungkap Hatta.

Dia beralasan, penyerahan pengelolaan Terminal Sungai Ukoi dilakukan karena terminal itu termasuk terminal tipe A, yang kewenangan pengelolaannya harus Pemprov. “Setelah kami inventarisir aset, kami merasa tidak mampu mengelola Terminal Sungai Ukoi, sehingga diserahkan ke Pemprov saja,” bebernya.

Kata Hatta, Pemkab Sintang akan mengelola terminal yang berada di dalam kota saja. Dengan diserahkannya Terminal Sungai Ukoi ke Pemprov, Hatta berharap terminal tersebut dapat melayani kendaraan angkutan luar kota. “Daripada Terminal Sungai Ukoi terbengkalai, bagusnya kami bagi-bagi porsilah. Biarkan terminal ini dikelola Pemprov,” katanya.

Dia mengatakan, dibutuhkan fasilitas pendukung untuk memfungsikan kembali Terminal Sungai Ukoi. Selain fasilitas pendukung, paling tidak angkutan perkotaan juga sudah siap. Tapi kondisinya sekarang, kata Hatta, semuanya belum siap. “Ya sudahlah, kami fokus saja mengelola Terminal Sungai Durian dan Terminal Tanjungpuri. Kalaupun semua dikelola kabupaten, kami tidak kuat,” tuturnya. (IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *