Banyak Ormas Sintang Belum Terdaftar

Budi Harto
banner 468x60

SINTANG, insidepontianak – Masih banyak organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Sintang yang belum mendaftarkan diri atau melapor ke Kesbangpolinmas. Ormas yang belum melaporkan atau mendaftarkan diri diimbau untuk segera melapor ke Kesbangpolinmas Sintang.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Sintang, Budi Harto mengingatkan ormas—ormas yang belum mendaftarkan diri atau melapor ke Kesbangpolinmas Sintang untuk segera melapor. Sebab, kata dia, sesuai UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan menyebutkan ormas di daerah wajib didaftarkan ke Kesbangpolinmas.

“Saya imbau ormas yang sudah berdiri di Sintang, tapi belum mendaftarkan diri segera mendaftarkan diri di Kesbangpolinmas. Persyaratannya tidak sulit, silahkan buka UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas,” imbaunya.

Budi menegaskan, jika persyaratan dipenuhi oleh ormas, maka pendaftaran diri ormas tersebut akan dilayani. Budi menjelaskan, bagi ormas yang kantor pusatnya bukan di Sintang, tapi di daerah lain seperti di Jakarta atau Pontianak, dan sudah terdaftar di daerah lain. Maka ormas tersebut cukup wajib melaporkan diri ke Kesbangpolinmas Sintang. Sementara bagi ormas yang memang berdiri di Sintang, maka ormas tersebut wajib mendaftarkan diri ke Kesbangpolinmas.

“Sehingga kalau ormas tersebut lapor, kami tahu keberadaannya,” katanya.

Budi juga meminta, ormas harus memasang plang nama di kantornya. Tujuannya agar masyarakat mengetahui keberadaan sekretariat ormas tersebut. Masih kata Budi, di Sintang ada sekitar 80 ormas lokal yang terdaftar di Kesbangpolinmas. Sedangkan yang belum mendaftarkan diri ada sekitar 30 ormas.

“Dalam waktu dekat, kami akan menyurati seluruh ormas yang berdiri di Sintang maupun tidak berdiri di Sintang tapi beraktivitas di daerah ini supaya melaporkan diri,” katanya. (IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *