Kalbar Harus Fasilitasi Nafsu Belanja Orang Malaysia di Perbatasan

banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Rata-rata orang Malaysia yang datang ke wilayah Indonesia di Kalbar, tujuannya hanya untuk Belanja. Sementara daerah perbatasan tidak memproduksi barang-barang yang diinginkan. Barang biasanya langsung diambil dari Jawa dan Jakarta.

Dr Fariastuti Djafar pengamat ekonomi Universitas Tanjung Pura (Untan) di perbatasan menyatakan hal itu, dalam seminar di Pontianak yang diadakan Lembaga Pengembangan Media Borneo (LPMB) bertema, “Pengembangan Ekonomi Perbatasan Pasca Pembukaan 3 PLBN di Kalbar, di Hotel Aston Pontianak, Rabu (26/4/2017).

Muat Lebih

“Saya lihat jutru orang perbatasan banyak yang bekerja di Malaysia, ini yang harus diperhatikan,” ujar Fariastuti.
Menurutnya, kalau mau membuat orang Malaysia masuk ke perbatasan, intinya adalah ketepatan agar orang mau membeli produk Indonesia. “Bukan kemegahan fisik bangunan di PLBN,” ujarnya.

Terkait produk makanan, masyarakat Malaysia sangat senang dengan makanan Indonesia. “Namun kita masih belum banyak tahu label halal, tidak hanya di kawasan perbatasan tapi juga bagi Kalbar,” kata dosen yang pernah mengajar lama di Malaysia ini. (IP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *