Petani Kalbar Diminta Ikut Penas KTNA

Milton Crosby
banner 468x60

Sintang, insidepontianak.com – Dewan Pembina Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalbar, Milton Crosby meminta seluruh kelompok tani di Kalbar bisa mengikuti Pekan Nasional (Penas) KTNA di Banda Aceh dari 6-11 Mei nanti.

“Kegiatan Penas KTNA ke 15 ini penting karena sebagai ajang temu akbar seluruh petani di Indonesia,” ungkap Milton ditemui di Sintang, Selasa.

Milton meminta Pemkab di seluruh Kalbar bisa memfasilitasi para kelompok tani untuk mengikuti Penas KTNA ini.

Dipaparkan Milton, dalam Penas KTNA, ada tiga agenda besar yang dilaksanakan. Pertama, rapat kelompok tani seluruh Indonesia untuk menentukan dimana pelaksanaan Penas KTNA tahun 2020 mendatang.

“Kami mengingankan pelaksanaan Penas KTNA tahun 2020 bisa dilangsungkan di Kalbar. Untuk itu seluruh kelompok tani di Kalbar harus kompak hadir dan mendukung agar Penas KTNA tahun 2020, bisa dilangsungkan di Kalbar, ” pintanya.

Kedua, dalam Penas KTNA di Banda Aceh akan dilangsungkan temu karya petani, yang mana masing masing kelompok tani dari berbagai daerah menyampaikan keungulan produk pertanian, perikanan, Kehutanan, perkebunan dan hortikultura mereka.

Ketiga, dalam Penas KTNA akan dilaksanakan temu bisnis antara kelompok tani dengan para pengusaha yang akan memasarkan produk hasil pertanian.

“Penas KTNA ini juga menjadi ajang silahturahmi antar petani untuk saling berbagi pengetahuan tentang penggunaan teknologi tepat guna, mulai dari produksi hingga packing pasca panen,” bebernya.

Milton berharap Penas KTNA tahun 2020 bisa dilaksanakan di Kalbar. Alasannya agar para kelompok tani di seluruh Indonesia bisa mengenal lebih dekat produk hasil pertanian dan perikanan di Kalbar. Terutama produk pertanian hazton yang sangat terkenal ini.
Penas KTNA ini, juga bisa menjadi ajang promosi pariwisata, sebab biasanya jumlah peserta yang hadir mencapai 60 ribu orang.

“Saya harapkan para kepala daerah terutama Kadis Pertanian di seluruh Kalbar bisa hadir dalam acara Penas KTNA di Banda Aceh pada bulan Mei nanti,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *