Sintang Bakal Miliki Alun-alun

Ilustrasi Alun alun kota

Sintang, insidepontianak.com – Pemkab Sintang berencana membangun alun-alun kota. Rencananya, alun-alun itu dibangun di Pasar Galeri Seni Jalan PKP Mujahidin. Apalagi Pasar Galeri Seni itu kini sepi pengunjung.
Rencana pembangunan alun-alun Kota Sintang itu dibeberkan oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman, ditemui di Sintang, Sabtu. Kata dia, Pasar Galeri Seni yang ada sekarang, ditambah lahan di belakang pasar itu, akan dijadikan alun-alun kota. Luas arealnya mencapai 3 hektar lebih. “Alun-alun Kota Sintang ini nanti menjadi tempat penjualan semua souvenir, tenun ikat dan kuliner,” kata Askiman.
Wakil bupati Sintang ini menjelaskan, ada tiga galeri yang akan dibangun di alun-alun kota. Yaitu Galeri Betang Adat, Galeri Rumah Melayu dan Galeri Rumah Jawa. Di alun-alun kota ini, juga tersedia ruang informasi untuk pengunjung yang ingin mengetahui tentang Sintang. “Di alun-alun ini, juga akan dibangun media center untuk media dan ruang untuk ekspose tentang Kabupaten Sintang. Di alun-alun tersebut juga akan dibangun Pasar Kuliner yang menjual makanan khas Sintang,” ungkapnya.
Dengan adanya alun-alun Kota Sintang, kata Askiman, maka Sintang memiliki tempat wisata yang ada unsur kuliner dan unsur budayanya. Masih kata Askiman, Pasar Galeri yang lama saat ini, akan dibongkar, dan dibangun kembali di dalam alun-alun kota. “Di alun-alun kota inilah, para pelaku usaha akan dibina oleh pemerintah untuk melakukan usahanya,” kata dia.
Selain membangun alun-alun kota, lanjut Askiman, Pemkab Sintang juga sudah mendorong Dekranasda membangun printing batik. Kata dia, nantinya Dekranasda akan melatih pengerajin membuat batik cap dan batik tulis yang bekerja sama dengan pengerajin dari Solo. “Inilah langkah yang dilakukan Pemkab Sintang untuk mengembangkan usaha ekonomi masyarakat,” katanya.
Sekarang, kata Askiman, Dekranasda sudah membeli mesin printing dan siap memproduksi dengan kapasitas terbatas. “Sambil belajar, mereka akan memproduksi batik,” pungkasnya.(IP-030

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *