Akademi Perawat Sintang Bakal Dihibahkan

Foto Tribun Pontianak
banner 468x60

SINTANG, insidepontianak.com – Operasional Akademi Keperawatan (Akper) Sintang akan ditutup. Sebab Pemprov Kalbar sudah tidak punya kewenangan lagi untuk mengelola perguruan tinggi. Sementara saat ini, Akper Sintang masih di bawah pengelolaan Pemprov Kalbar.

Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan, tahun ini Akper Sintang sudah tidak menerima mahasiswa baru lagi. Akper Sintang hanya melaksanakan penyelesaian studi mahasiswanya yang masih ada saat ini.

Muat Lebih

“Sebab dari sisi kewenangan, Pemprov sudah tidak boleh lagi mengelola perguruan tinggi,” kata Askiman.

Dipaparkan Askiman, jadi Pemprov Kalbar harus menyerahkan operasional Akper Sintang pada swasta. Karena pemerintah pusat sudah mencabut kewenangan pemerintah daerah untuk mengelola perguruan tinggi.

Kata Askiman, saat ini tergantung Pemprov Kalbar mau menghibahkan kemana pengelolaan Akper Sintang. “Pastinya Akper Sintang akan dihibahkan ke perguruan tinggi swasta,” kata Askiman.

Masih kata Askiman, jika pun Pemprov Kalbar mau menghibahkan Akper Sintang ke Pemkab Sintang untuk kemudian dibentuk perguruan tinggi swasta juga tidak masalah.

Dijelaskan Askiman, sampai saat ini belum ada keputusan dari Pemprov Kalbar akan dihibahkan kemana Akper Sintang itu. “Karena Akper Sintang merupakan aset Pemprov Kalbar maka Pemprov yang menentukannya,” katanya.

Askiman berharap operasional Akper Sintang tidak ditutup. Sebab jika ditutup maka Kabupaten Sintang yang akan rugi.

“Tapi saya yakin Pemprov Kalbar akan bijak dan menyerahkan aset operasional Akper Sintang ke perguruan tinggi swasta agar tetap operasional,” katanya. (IP-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *