Cipayung Kota Serukan Perdamaian dan Keberagaman

Foto Tribun Pontianak
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak – Sejumlah organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam kelompok Cipayung Kota Pontianak menyerukan perdamaian dalam kehidupan keberagaman di Kalimantan Barat.

Adapun organisasi mahasiswa yang dimaksud yakni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pontianak, Pergerakan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pontianak, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pontianak, dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pontianak.

Muat Lebih

Pada jumpa pers dilangsungkan Rabu (10/5/2017), Ketum GMNI Pontianak, Rival Aqma Rianda mengatakan, seruan perdamaian ini untuk menyikapi beberapa hari kebelakangan ini terjadi indikasi yang menimbulkan gejala sosial yang mengarah kepada konflik horizontal.

Artinya, pernhataan sikap sikap organisasi kemahasiswaan ini adalah bentuk keprihatinan melihat kondisi sosial-politik di Kalbar itu sendiri akan menimbulkan sesuatu yang semestinya tidak diinginkan bersama.

Maka dari itu, untuk menjaga stabilitas kedamaian dan keberagaman tersebut, kata Rival, para aktivis mahasiswa hari itu mengeluarkan pernyataan sikap.

“Tentu kita sebagai anak bangsa yang lahir dari rahim ibu pertiwi. Sejatinya kita tidak menginginkan terkristalisasinya dalam hal dan konteks apa pun itu. Karena kita sepakat dan sepaham bagaimana untuk merawat serta menjaga,” ucapnya menjelaskan.

Berikut Pernyataan Sikap Kelompok Cipayung Kota Pontianak: pertama, mengimbau seluruh masyarakat Kalbar untuk tetap tidak mudah mengemas opini publik yang mengarah kepada konflik horizontal. Kedua, meminta para pemangju kebijakan, yakni Pemprov, tokoh masyarakat, tokoh keagamaan, pihak keamanan untuk mengambil tindakan kongkrit dalam menjaga stabilitas sosial-masyarakat Kalbar.

Ketiga, mempertegas serta memperkuat kembali 4 (empat) pilar kebangsaan, yaitu : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI. (IP-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *