Hujan Lebat Bikin Kecamatan Sukadana Terendam

Kompasiana
banner 468x60

SUKADANA, insidepontianak.com – Tanda-tanda banjir mulai terlihat pada Kamis (2/6/2017) di sebuah wilayah. Di mana saat itu hujan seharian mengguyur Kota Sukadana, Kabupaten Kayonng Utara, Kalimantan Barat.

Pasca hujan lebat tersebut, menyebabkan seluruh wilayah di Kecamatan Sukadana terendam. Salah satu daerah yang cukup parah banjirnya adalah Dusun Sidorejo, Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana. Wilayah yang dihuni warga transmigrasi ini terpaksa harus diungsikan ke tempat yang lebih tinggi.

Muat Lebih

Kepala Desa Sedahan Jaya, Nazanadira menyatakan, untuk tahun ini Dusun Sidorejo mengalami banjir yang cukup luas. Ada kurang lebih 130 Kepala Keluarga (KK) yang mendiami Dusun Sidorejo. Sedangkan jumlah jiwanya sekitar 600 jiwa.

“Saat ini para orang tua dan anak-anak kami relokasi ke Kantor Desa untuk diamankan. Kita upayakan agar mereka lebih mendapatkan tempat yang bisa tenang,” kata Nazanadira.

Dusun Sidorejo memang bisa dikatakan sebagai langganan banjir di setiap musim penghujan. Namunbanjir kali ini cukup luas, dan biasanya kondisi banjirini akan bertahan hingga kurang lebih dari sepekan.

Keesokan harinya bencana banjir justru meluas dan korbannya pun semakin bertambah. Tercatat ada 7134 jiwa warga di Kecamatan Sukadana menjadi korban musibah banjir.

Sekda Kayong Utara, Hilaria Yusnani menjelaskan, data sementara dihimpun secara manual, sebanyak 7.134 jiwa, dan semua korban selamat, hanya beberapa saja yang sakit dan dirawat di lokasi pengungsian oleh petugas medis, namun juga ada yang mesti dirujuk ke Puskesmas.

“Untuk sementara, kita akan tanggulangi di kabuaten namun jika untuk penanganan kedepan Pemkab akan melakukan rapat untuk status tanggap bencana,” kata Hilaria Yusnani. (IP-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *