Ini Dilakukan Kapolda Kalbar di Polres Ujung Negeri

Foto Tribrata

Tantangan tugas kedepan akan semakin cukup berat di masa mendatang. Karenanya, soliditas internal termasuk profesionalisme anggota Polri, sepatutnya diperkuat.

“Kalau di internal enggak cukup solid, bagaimana mungkin kita bisa hadapi tantangan itu dengan cara efektif,” ucap Erwin.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kinerja anggota harus terus ditingkatkan untuk meraih dukungan kepercayaan dari masyarakat. “Public Trust sangat dibutuhkan supaya kita tetap survive atau eksis dilapangan dalam melaksanakan tugas,” ujar Erwin.

Erwin menekankan, bahwa peranan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak perpanjangan tangan Polri di tengah masyarakat. Bangun dan pelihara terus jaringan informasi formal maupun informal.

Hal itu dilakukan guna untuk memperoleh informasi setiap perkembangan situasi yang terjadi di lingkungannya untuk diantisipasi dengan kegiatan Proactive Kepolisian. Sehingga masyarakat dapat terhindar menjadi Korban Kejahatan maupun menjadi Pelaku Kejahatan.

Polri telah berbenah melakukan perubahan struktural maupun kultural. Pimpinan Polri telah mengambil kebijakan program “Promoter” Profesional, Modern, Terpercaya.

“ Ini bukan hanya slogan saja tetapi harus diikuti dengan kemauan dan kemampuan, sehingga Kompetensi dan Integritas anggota terus dibenahi. Budaya minta dilayani harus dihilangkan, tetapi kita yang melayani masyarakat,” ujar  Erwin.

Selain itu, Erwin Triwanto menyampaikan terkait managemen media sosial atau sosmed. Kata mantan Kapolda Kalsel itu, menekankan kepada anggota di media sosial untuk berperilaku yang baik dan santun. Karena, dengan mudah mengunggah foto maupun tulisan yang akan berdampak merugikan institusi, untuk itulah perlu kehati-hatian mempergunakan sosmed.

“Harus bijak menggunakan sosmed serta cerdas memilah dan memilih setiap informasi di sosmed, serta mengelola Trending Topik dengan menyikapinya melakukan langkah kegiatan proactive Kepolisian terkait Isue-isue terkini,” ucap  Erwin.

Erwin menjelaskan, bahwa reformasi kinerja secara bertahap sudah dilakukan jajarannya melalui perbaikan pelayanan publik. Perbaikan sistem pelaporan masyarakat berbasis IT, perbaikan ruang pelayanan sampai dengan perbaikan kualitas dan sikap petugas pelayanan yang lebih bersahabat dan profesional.

“Apresiasi dari kami kepada Polres Sambas, atas Inovasi Program “CANTIK” Cegah Anak dari Tindakan Kriminal. Program inovasi ini melaksanakan penindakan terhadap anak di bawah umur yang melakukan Tindak Pidana dengan memberikan penyadaran atau arahan dengan melaksanakan Itikab di masjid,” kata Erwin.

Erwin menambahkan, jajaran Polres Sambas selama seminggu dengan dilaksanakan ceramah agama kerjasama dengan Ikadi dan Adi (Akademik Dakwah) Kabupaten Sambas. “Tujuannya, supaya bisa kembali dan meneruskan sekolahnya dan memberikan pemahaman kepada orang tuanya, sebagaimana di paparkan oleh Kapolres Sambas, ” demikian Drs Erwin Triwanto SH berujar.

Untuk informasi, bahwa Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Dirsabhara Kombes Pulung Rohmadianto, Dirpolairut Kombes Alex Fauzi Rasad, Dirpamobvit Kombes Hudit Wahyudi, Dansatbrimob Kombes Agus Tri Heriyanto dan Koorspipim AKBP Asep Rosadi juga turut mendampingi kegiatan jenderal bintang dua itu.

Tidak berapa lama, Kapolda disambut langsung oleh Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadi Prabowo dan juga turut hadir dalam penyambutan itu adalah Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhali, Ketua PN Sambas Yogi, Kasi Intel Kejaksaan Sambas Heri, Kepala Dinas Perhubungan Sambas Indra Gunawan dan Mayor M Ramdan. (IP-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *