banner 468x60

Pontianak Peringkat Kedua Indeks Persepsi Korupsi se-Indonesia

  • Bagikan
ANTARA

PONTIANAK, insidepontianak.com – Transparency International Indonesia (TII) merilis Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 di Indonesia, Rabu (22/11) malam. Hasilnya, Kota Pontianak menduduki peringkat kedua setelah Kota Jakarta Utara yang menempati posisi pertama.

Dari 12 kota se-Indonesia yang disurvei lembaga tersebut, Pontianak meraih skor 66,5, sementara Jakarta Utara meraih skor 73,9. Sebelumnya, tahun 2015 lalu, IPK Pontianak menduduki peringkat keempat dengan skor 58, dan Banjarmasin menduduki posisi puncak dengan skor 68. Tahun 2017 ini, posisi Banjarmasin bergeser menjadi peringkat kelima dengan skor 63,7. Penilaian IPK dilakukan setiap dua tahun sekali.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyatakan, posisi yang disandang Pontianak dalam penilaian lembaga tersebut sangat membanggakan. “Target saya, dua tahun yang akan datang, Wali Kota mendatang harus mampu mendongkrak menjadi peringkat pertama,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/11/2017).

Kendati Pontianak dinilai sudah memberikan pelayanan dari sisi kemudahan usaha yang luar biasa, namun ia menyayangkan ada satu penilaian yang bertolak belakang. Pasalnya, Tata Kelola Ekonomi Daerah (TKED) menempatkan Pontianak sebagai kota dengan kemudahan berusaha yang terbaik. Sementara dalam penilaian IPK, penilaian kemudahan berusaha masih menduduki peringkat keenam.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: