CIA Sebut Putra Mahkota Saudi Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

Foto by upi.com

JAKARTA, insidepontinak.com – Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) sudah menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, memerintahkan pembunuhan jurnalis The Washington Post, Jamal Khashoggi yang dianggap kerap mengkritik Raja Salman.

Sejumlah sumber mengatakan kepada The Washington Post, berdasarkan penyelidikan CIA, satu tim beranggotakan 15 agen Saudi diterbangkan ke Istanbul, Turki, menggunakan pesawat pemerintah pada Oktober lalu.

Bacaan Lainnya

Tim itu kemudian menghabisi nyawa Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul, di mana kolumnis The Washington Post itu mengurus dokumen yang diperlukan untuk pernikahannya dengan seorang warga Turki, Hatice Cengiz.

BACA JUGA Peran Jurnalis dan Masyarakat Dalam Pemberantasan Korupsi

Sebagaimana dikutip AFP, CIA menarik simpulan ini setelah menggali berbagai sumber intelijen, termasuk panggilan telepon antara Khashoggi dengan saudara Putra Mahkota yang juga menjabat sebagai Duta Besar Saudi untuk AS, Khalid bin Salman.

Dalam percakapan tersebut, Khalid mengatakan kepada Khashoggi bahwa wartawan itu harus pergi ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mengambil dokumen yang dibutuhkan. Khalid menjamin segalanya akan aman ketika Khashoggi datang ke konsulat, seperti dilansir cnnindonesia.com.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *