Sultan HB X Ingin Warga Merajut Kebersamaan Pasca-Pemilu

Tribun Yogya

YOGYAKARTA, insidepontianak.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap seluruh masyarakat kembali merajut kebersamaan dan kedamaian setelah sama-sama melalui pesta demokrasi pada 17 April 2019.

“Harapan saya kita sebagai anak bangsa kembali dalam kebersamaan, kembali dalam kedamaian, kembali dalam rasa tanggung jawab bersama bahwa kita sesama anak bangsa menghargai hukum, konstitusi, maupun pelaksanaan Undang-Undang (UU) Pileg maupun Pilpres,” kata Sultan saat menggelar jumpa pers di kediamannya, di Keraton Kilen, Yogyakarta, Jumat (19/4/2019) sore, seperti dilansir ANTARA.

Bacaan Lainnya

Demokrasi, menurut Sultan, telah menjadi sistem pemerintahan yang sama-sama disepakati Bangsa Indonesia. Oleh karenanya, pemilu sebagai wujud pelaksanaan demokratisasi yang dihelat setiap lima tahun sekali jangan justru menjadi pemecah belah bangsa.

“Lima tahun sekali kita menyelenggarakan pemilu adalah dalam rangka mengembangkan demokratisasi sebagai pilihan kita bahwa kedaulatan di tangan rakyat,” kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Demokrasi, lanjut Sultan, sejatinya bukan merupakan tujuan, melainkan sebagai alat perjuangan untuk menentukan arah Indonesia dalam menatap masa depan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *