banner 468x60

DPRD Tanah Datar Belajar Tata Pemerintahan ke Kubu Raya

  • Bagikan
Foto IP

KUBURAYA, insidepontianak.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Utara, bertandang ke Kabupaten Kubu Raya dalam rangka menggali dan mempelajari sistem pemerintahan, Pengelolaan Pendidikan dan Kesehatan di Kabupaten Kubu Raya, Senin (29/4/2019).

Rombongan DPRD Tanah Datar yang berkunjung ke Kubu Raya dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanah Datar.

Wakil ketua DPRD Tanah Datar, Irman menjelaskan, maksud dan tujuan kehadiran dan kunjungan ke Kubu Raya. Diantaranya adalah yang berkaitan dengan pengelolaan sistem pemerintahan, pengelolaan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan penanggulangan bencana.

Fokus kunjungan DPRD Kabupaten Tanah Datar ke Kubu Raya dalam mempelajari sisten pengelolaan pemerintah. Penataan pengelolaan sistem pemerintahan yang ada saat ini.

Selanjutnya berkaitan dengan Dunia Pendidikan di Kubu Raya, terlebih saat ini Pendidikan tingkat SMA sederajat berada dibawah Pemerintah Provinsi, sementara fisiknya dan kegiatannya ada diwilayah Pemerintah Kabupaten.

“Kami berkunjung ke Kubu Raya ingin berdiskusi dan belajar bersama terutama yang berkaitan dengan pengelolaan sistem pemerintahan, dan bagaimana pemerintah daerah menyikapi dan mengambil kebijakan atas anak-anak berprestasi terutama SMA sederajad yang berada dalam kewenangan pemerintah Provinsi, sementara keberadaannya ada di wilayah kabupaten,” ujar Irman.

Irman mengatakan, hal yang juga menjadi fokus diskusi dan belajar bersama di Kubu Raya adalah, berkaitan dengan pengelolaan layanan kesehatan kepada masyarakat, pendataan masyarakat miskin yang berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan sosial dan penanggulangan bencana.

Menurutnya, ada beberapa kebijakan Pemerintah Daerah yang dianggap dapat diadopsi dan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar kedepan.

“Kita ingin belajar beberapa hal terkait dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kubu Raya, untuk menyikapi berbagai persoalan dimasyarakat utamanya pelayanan kesehatan dan kesejahteraan sosial. Mungkin ada beberapa hal yang kami bisa jadikan sebagai referensi bagi perancangan kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah Tanah datar,” tutur Irman.

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menyambut dengan hangat dan senang hati setiap kabupaten/kota maupun provinsi yang ingin belajar ke Kabupaten Kubu Raya.

Menurutnya, Kubu Raya selalu terbuka bagi setiap daerah mana saja yang ingin belajar ke Kubu Raya.

“Alhamdulillah, hari ini kita kedatangan tamu dari Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Mereka ingin belajar beberapa kebijakan yang kita jalankan di Kubu Raya. Kita selalu terbuka bagi semua daerah mana saja yang ingin belajar bersama dengan kita, kita sambut dengan baik,” ujar Sujiwo.

Sujiwo mengatakan, pihaknya sangat bangga dikunjungi oleh daerah-daerah lain yang secara usia telah lebih dulu dari Kubu Raya. Bagimanapun menurutny kehadiran daerah-daerah lain ke Kubu Raya adalah sebagai bentuk apresiasi atas kebijakan-kebijakan yang telah jalan di Kubu Raya.

Sujiwo juga menjelaskan Kubu Raya sebagai Kabupaten Baru dengan berbagai potensi yang akan terus dikembangkan dan digali untk mempercepat kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kubu Raya.

“Ini juga sekaligus memacu kita untuk terus meningkatkan inovasi pelayanan dan percepatan pembangunan. Dengan kebijakan-kebijakan yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Yang mana efeknya langsung bersentuhan dengan masyarakat,” ujar Sujiwo.

Salah satu kebijakan dalam pendidikan di Kubu Raya adalah muatan lokal keagamaan. Disamping itu, di Kubu Raya saat ini masuk sekolah harus bisa baca Qur’an dan ngaji bagi anak-anak yang beragam islam dan agama lain menyesuaikan dengan ajaran agamanya.

“Kita memang memiliki kebijakan-kebijakan khusus untuk pengembangan dunia pendidikan di Kubu Raya dan juga untk pelayanan kesehatan dengan strategi dan inovasi yang kita lakukan untuk masyarakat. Yang kita harapkan dapat menjadi referensi bagi teman-teman kita dari Kabupaten Tanah Datar yang hari ini datang ke Kubu Raya,” terangnya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: