Institusi Finansial Pegang Peran Penting di Industri Sawit

  • Bagikan
Foto IP

PONTIANAK, insidepontianak.com – Salah satu entitas yang secara langsung berhubungan dengan industri sawit adalah entitas finansial. Entitas perbankan menjadi tumpuan dalam industri sawit, sebab melalui skema pinjaman modal, perusahaan sawit bisa menjalankan aktivitas operasional  mereka.

Dalam catatan Koalisi Buruh Sawit (KBS), melalui riset yang dilakukan oleh TUK Indonesia, KBS menemukan lembaga-lembaga finansial memainkan peran penting dalam tata kelola industri sawit.

“Namun dalam temuan TUK Indonesia, peran lembaga finansial saat ini justru tidak sejalan dengan kebijakan good governance and social responsibility,” kata KBS kepada insidepontianak.com.

Dimana lembaga finansial memberikan kemudahan pinjaman modal kepada perusahaan-perusahaan yang tidak memenuhi hak-hak buruhnya dengan pantas.

Koalisi Buruh Sawit melihat, lembaga keuangan sebagai investor dapat mengintervensi kebijakan perkebunan sawit, melalui skema-skema peminjaman modal dan pembagian hasil, yang secara tidak langsung mampu mepengaruhi perbaikan buruh di level perusahaan.

KBS mendorong lembaga finansial untuk patuh kepada prinsip-prinsip Good Governance and Social Responsibility dengan cara memberikan pinjaman hanya kepada perusahaan yang memenuhi hak-hak pekerjanya.

“Lebih jauh lagi, mendorong perusahaan perkebunan sawit untuk, mengadopsi skema-skema pengupahan yang berpihak pada buruh sawit,” kata KBS. (IP-01)

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: