Polsek Entikong Siagakan Empat Personel Awasi Lalu Lintas Barang Ilegal

Foto Insidepontianak.com

ENTIKONG, insidepontianak.com – Polsek Entikong, Kabupaten Sanggau menempatkan empat personel di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong setiap harinya, untuk mengawasi keluar masuknya barang-barang illegal, termasuk hewan melalui PLBN Entikong.

“Kita sudah menempatkan empat personel di empat personel, yang setiap hari bertugas di PLBN, dan melakukan patroli bersama dengan instansi terkait,” kata Kapolsek Entikong, Kompol Amin Sidik, kepada insidepontianak.com, Selasa (30/4/2019).

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan, pihaknya tidak hanya memantau dan mengawasi dan mengawasi keluar masuk barang illegal. Namun, juga mengambil tindakan kepolisian bila ditemukan atau didapati, baik orang ataupun barang yang melintas melalui PLBN tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

“Untuk hewann sejak Januari hingga sekarang ada beberapa kasus yang kita proses hukum lebih lanjut, sudah kita lakukan penyidikan, bahkan sudah kita lakukan tahap dua ke pihak kejaksaan, khususnya daging beku dan telur,” kata dia.

Untuk perkara yang kewenangan Bea Cukai atau Karantina, maka perkara itu, dilimpahkan ke Bea Cukai atau Karantina, tergantung kewenganannya.

Hingga saat ini, jajaran Polsek Entikong belum menemukan hewan yang dilindungi yang dibawa melalui PLBN maupun di jalur tikus. Tapi, satu bulan yang lalu, Maret 2019, pihaknya bersama dengan pihak Karantina berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan 4.500 ekor ikan Arwana asal Papua, 13 Januari 2019.

“Setelah kita tangani, perkara diserahkan ke Karantina Ikan yang ada di Kecamatan Entikong,” terangnya.

Ia menegaskan, apa pun hewan yang melintas di PLBN, jika dilengkapi dengan dokumen, maka tidak akan menjadi persoalan. Sebaliknya jika ditemukan hewan yang dibawa tanpa dokumen, pihaknya tidak segan untuk mengambil tindakan sesuai dengan hukum hukum yang berlaku.

“Untuk burung sejauh ini belum pernah kita temukan atau kita tangani,” pungkasnya. (IP-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *