Kelanjutan Dugaan Grativikasi, Rekapitulasi di Sungai Raya 2 Dinilai Cacat Hukum

  • Bagikan
Foto IP

KUBURAYA, insidepontianak.com – Dugaan Kasus suap yang dilakukan oleh seorang oknum calon legislatif (Caleg) SI, terhadap dua orang penyelenggara Pemilu di Kubu Raya, BS dan MM masih menjadi sorotan sejumlah pihak, bahkan perhitungan suara di Dapil Sugai Raya 2 dinilai cacat hukum.

Sekretaris DPC Partai Gerindra, Hidayat mengatakan, dampak yang dilakukan oleh ketua PPK Sungai Raya tentu berdampak sengat besar terhadap Caleg yang lainnya. Sebab, diterimanya ‘sesuatu’ untuk kepentingan salah satu Caleg atau partai itu, sudah mempengaruhi perhitungan suara.

“Proses dari awal sudah salah, maka akan berdampak pada hasil yang salah, maka apa yang telah dilakukan oleh PPK Sungai Raya ini cacat hukum, mereka sudah melakukan perbuatan yang melanggar aturan dan ketentuan pada undang-undang Pemilu, ” kata Hidayat, saat  rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Kubu Raya, di Hotel Dangau, Jumat (10/5).

Ia meminta di Kecamatan Sungai Raya, khususnya di Dapil Sungai Raya 2 dilakukan penghitungan ulang, agar tidak ada Caleg yang dirugikan.

“Kami jelas merasa dirugikan, karena ada Caleg di Dapil Sungai Raya terindikasi menyogok Panwas dan PPK untuk menambah suara. Kami meminta kepada PPK dan Panwas untuk membongkar kotak suara yang terindikasi bermasalah untuk dihitung ulang,” ujarnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan partai-partai lain, untuk mengawal terus kasus ini.

Ketua KPU Kubu Raya, Karyadi mengatakan, proses Pleno ditingkat kecamatan melibatkan seluruh anggota PPK di kecamatan tersebut, sehingga tidak bisa disimpulkan ketika Ketua PPK bermasalah maka anggota juga terlibat.

“Laporannya hanya ketua saja, sehingga legalitas pelaksanaan rekapitulasi itu tetap sah, dan mereka juga telah melakukan rapat pleno pemilihan ketua yang baru,” katanya.

Ia menyatakan, kesalahan ketua PPK tentu tidak berdampak pada instansi PPK-nya. Ia menegaskan, proses rekapitulasi sudah berjalan sesuai dengan prosedurnya.

Caleg Dapil Sungai Raya 2, Ali Amin mengatakan, proses pelaksanaan perhitungan suara ditingkat kecamatan hingga saat ini, memang sesuai prosedur dan sesuai prosesnya. Namun proses penghitungan itu telah diciderai oleh oknum Caleg.

“Jadi prosesnya yang cacat. Kami berharap, meskipun proses ini tetap dilanjutkan, namun untuk TPS-TPS yang terindikasi adanya penggelembungan suara,  untuk dibuka ulang baik kotak suara maupun plano C1 dan dihitung ulang,” katanya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: