banner 468x60

Loka POM Sanggau Uji Sampel Pangan di Pasar Juadah Ramadan

  • Bagikan
Foto IP

SANGGAU, insidepontianak.com – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Sanggau bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Menengah (Disperindagkop dan UM), serta Dinas Kesehatan setempat, melakukan uji sampel makanan yang dijual di pasar juadah atau takjil Ramadan. Ada dua lokasi yang disasar, yakni di Jalan Ahmad Yani dan di Jalan H Agus Salim, kawasan Pasar Sentral Sanggau.

“Dari dua tempat itu kita sudah mendapatkan 35 sampel pangan takjil yang diduga mengandung bahan berbahaya, formalin, boraks, dan rodamin B,” kata Plh Kepala Loka POM Sanggau, Marry Oktovina Dameria ditemui usai uji sampel, Senin (13/5/2019).

Dari 35 sampel tersebut, ada beberapa jenis minuman-minuman kopyor berwarna cerah, kue berwarna cerah, makanan olahan dari bakso, mie, kerupuk yang kemungkinan ada potensi.

“Namun setelah didapatkan hasil uji secara cepat melalui lab kita, dari 35 sampel yang diuji hasilnya negatif semua. Jadi, hasil ini sama seperti yang kita dapati pada tanggal 8 Mei di Bunut dan Tanjung Sekayam,” ujar Marry.

Ia menyebut, pengambilan sampel diambil secara risiko, yaitu pangan yang ada kecenderungan mengandung bahan-bahan berbahaya. “Itu yang kita prioritaskan untuk kita sampel,” jelas Marry.

Sesuai wilayah kerja Loka POM Sanggau yang mencakup Sanggau dan Sekadau, rencananya besok hingga lusa akan dilakukan uji sampel di Kabupaten Sekadau. “Untuk di Sanggau sendiri berkaitan dengan pangan takjil sudah selesai. Nanti kita akan lebih intens ke pengawasan sarana distribusi pangan, jadi ke toko dan mini market,” kata Marry. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: