banner 468x60

Permintaan Tiket Kapal Melonjak hingga 50 Persen

  • Bagikan
Foto IP

PONTIANAK, insidepontianak.com – Arus mudik jelang Lebaran semakin meningkat, terutama pada moda transportasi laut, kapal. Untuk tahun ini diperkirakan permintaan tiket kapal melonjak hingga 50 persen, dibanding tahun 2018. Hal ini disebabkan tingginya harga tiket pesawat, sehingga transportasi laut menjadi alternatif kedua.

Kepala Bagian Operasional Pelni, Ismed Muliadi menyampaikan, ada dua kapal besar dan dua kapal biasa yang disiapkan dengan tujuan keberangkatan Semarang dan Surabaya. Sedangkan tujuan ke Kepulauan Riau, tujuan kepulauan Tujuh.

Hanya saja, tujuan Semarang saat ini pemesanan tiket sudah penuh. Sementara tujuan Surabaya, pihaknya belum bisa melayani penjualan tiket. Sebab, saat ini kapal tersebut masih dalam masa perbaikan. “Namun, sebelum Lebaran akan diusahakan jalan. Dari kantor pusat kita mengusahakan jalan,” ungkapnya.

Sementara itu warga Jawa timur yang bermukim di Kota Pontianak, Masunif terpaksa menbatalkan pemesanan tiketnya, disebabkan kapal dengan tujuan keberangkatan Surabaya dalam proses perbaikan.

“Saat ini tujuan Semarang ada. Tapi karena jaraknya jauh, mau pulang ke Jawa timur, akan di-pending dulu,” ungkapnya.

Dirinya lebih memilih mudik dengan kapal, dikarenakan harga tiket pesawat saat ini terbilang jauh naiknya. Kata dia, dibandingkan tahun 2018, harga tiket saat ini bisa mencapai tiga hingga empat kali lipat.

Hal itu tentu akan memberatkan biaya. Apalagi mudik tahun ini, jumlah anggota keluarga yang dibawa ada empat orang.

“Jadi kalau dihitung-hitung, empat keluarga diboyong semua ke Surabaya, berapa duit yang harus dikeluarkan,” tutupnya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: