banner 468x60

Cornelis Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Kalimantan Paling Aman

  • Bagikan
Gawai Dayak ke-34
GAWAI - Seorang pemuda Dayak ikut dalam kegiatan Gawai Dayak ke 34 di Rumah Radakng, Pontianak, Senin (20/5/2019). (Foto Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mantan Gubernur Kalimantan Barat dua periode, Cornelis menyebut bahwa penyelenggaran pemilihan umum (Pemilu) di Kalimantan, paling aman di Indonesia.

Hal itu dikatakan Cornelis, ketika memberikan pidato pada pembukaan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke 34 di Rumah Radakng, Pontianak, Senin (20/5/2019).

Presiden Majelis Adat Dayak Nasional itu menyebut, “Perlu percepatan pembangunan di semua lini, sehingga Kalimantan tidak tertinggal dari wilayah lain di Indonesia.”

Cornelis menyebut, ide Gawai Dayak Kalbar atau tingkat provinsi, merupakan ide dari Gubernur Kalbar, Kadarusno, periode 1972-1977. Ketika itu Kadarusno melihat bahwa pelaksanaan gawai dilakukan di setiap kampung di seluruh Kalbar.

“Warga jadi lupa ke ladang dan bekerja,” kata Cornelis.

Karenanya, dibuatlah ide untuk membuat Gawai Dayak Kalbar. Salah satu tujuannya, demi ketahanan pangan dan menyatukan pelaksanaan Gawai Dayak. (IP-01)

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: