banner 468x60

Sutopo Raih Penghargaan ‘Pengabdian Masyarakat’ Liputan6 Awards 2019

  • Bagikan
Liputan6 Award SCTV
PENGHARGAAN - Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB mendapat penghargaan dari Liputan6 SCTV Award, Sabtu (25/5/2019) malam. Hari ini, Sutopo meninggal di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019). (Foto Dok BNPB)

JAKARTA, insidepontianak.com – Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Info dan Humas BNPB mendapat penghargaan khusus Liputan6 Award 2019. Acara Liputan6 Awards 2019 digelar di SCTV Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5/2019).

Ajang bergengsi yang telah memasuki satu dekade ini, merupakan penghargaan yang diberikan bagi para tokoh yang memiliki kontribusi besar kepada masyarakat, dan mampu membangkitkan inspirasi luar biasa bagi masyarakat Indonesia.

Penghargaan ini sengaja diberikan sebagai wujud apresiasi SCTV terhadap mereka yang berprestasi, menginspirasi, memberikaan pengabdian luar biasa, pantang menyerah dan membawa perubahan bagi masyarakat dan lingkungannya, melalui hasil karya atau berbagai tindakan yang telah mereka lakukan.

Liputan6 Awards sebagai program bakti kepada Indonesia yang terus berupaya berkontribusi untuk bangsa, khususnya terkait perdamaian. Untuk itu, tahun ini pun mengusung tema “Untukmu Indonesia”.

Ada lima kategori dalam penganugerahan penghargaan, yaitu Kesehatan, Lingkungan, Pantang Menyerah, Komunitas Kemanusiaan, dan Olahraga. Satu tambahan penghargaan khusus di kategori Pengabdian Masyarakat.

Kali ini, Liputan6 Awards 2019 memberikan kategori penghargaan khusus kepada tokoh inspiratif  Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Totalitas Sutopo yang terus memberikan informasi kebencanaan. Apalagi pada tahun 2018, terjadi bencana bertubi-tubi mendera Indonesia, terutama gempa bumi beruntun di NTB, gempa bumi disusul tsunami dan likuifaksi yang dahsyat, dan tsunami senyap di Selat Sunda.

Bencana tersebut menimbulkan korban ribuan orang meninggal dan hilang, dan puluhan triliun rupiah kerugian ekonomi. Saat bersamaan sesungguhnya, pada 2018, Sutopo juga sedang berjuang untuk tetap hidup, di tengah sakit kanker paru stadium 4B yang menggerogoti tubuhnya.

Meski mengidap kanker paru stadium 4B, dia tidak menyerah melawan berbagai berita yang simpang siur, dan informasi bohong alias hoaks terkait bencana. Untuk itu, Liputan6 Awards memberikan Sutopo sang pengabar informasi bencana, penghargaan dalam kategori Pengabdian Masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Liputan6 atas penghargaan spesial yang diberikan ini. Apa yang saya lakukan sesungguhnya hanya menjalankan tugas sebagai juru bicara BNPB,” kata Sutopo di acara Liputan6 Awards 2019.

Saat bencana, banyak media dan masyarakat yang membutuhkan informasi secepat mungkin . Sutopo harus segera tampil untuk memberikan official statement, dan menjelaskan kejadian dan penanganan bencana, serta menunjukkan bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam kondisi apa pun.

“Saat bersamaan saya sesungguhnya sakit dan dalam proses pngobatan, sehingga sering selesai kemoterapi saya dari rumah sakit langsung ke kantor memberikan konferensi pers,” katanya.

Di rumah sakit, Sutopo membuat rilis dan menyebarkan ke ribuan wartawan. Kadang bencana terjadi pada Jumat, Sabtu, atau Minggu. Sutopo menyelenggarakan konferensi pers di rumah. Atau, wawancara dengan media di rumah, halaman rumah sakit, di mall, bahkan pernah di TPU Pondok Rangon, saat dia melayat, atau kegiatan lainnya.

Sutopo menambahkan, apa yang dilakukannya, sesungguhnya hanya menjalankan tugas. Media dan masyarakat, faktanya selalu menunggu penjelasan dia saat bencana.

“Memang, saya mencintai pekerjaaan saya. Tidak  pernah berharap akan menerima penghargaan dengan apa yang saya lakukan. Saya selalu bekerja dengan passion dan berusaha mencintai pekerjaan saya,” kata Sutopo.

Dia menegaskna, orang tidak harus besar karena jabatan. Tapi, di mana pun orang ditempatkan, harus  membesarkan jabatan itu.

“Jadi, saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini buat semua pimpinan BNPB, semua staf dan keluarga besar BNPB, serta untuk para pelaku kemanusiaan di bidang bencana,” katanya.

Penghargaan Liputan6 Awards 2019 diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara kepada Sutopo. Tahun ini, Liputan6 Awards kembali menyeleksi 16 kandidat dalam lima kategori berbeda tersebut.

Ada pun dewan juri dalam penghargaan Liputan6 Awards 2019, Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai ketua dewan juri, Social Entrepreneur Rhenald Kasali, Tokoh Filantropis Irwan Hidayat, Deputy Director Programming  SCTV David Suwarto, dan Pemred Liputan6 SCTV Mohamad Teguh.

Penghargaan Liputan6 Awards 2019, menambah deretan penghargaan yang diraih Sutopo. Sejak tahun 2012, hampir setiap tahun menerima penghargaan, baik untuk individu maupun untuk unit kerja yang dipimpinnya, yaitu Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Namun, semua penghargaan itu didedikasikan untuk BNPB. Beberapa penghargaan yang dicapai tahun 2018 dan 2019 adalah:

Tahun 2018:

  1. The First Responder Asia, dari The Straith Times, Singapura.
  2. The Most Inspirational Aparat Sipil Negara (ASN), dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).
  3. Communicator of the Year 2018, dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.
  4. Pegawai Sipil Negara (PNS) Inspiratif  Terfavorit 2018, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).
  5. Outstanding Spokeperson of the Year 2018, dari dari Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC).
  6. Pejabat Tinggi Pratama Teladan, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).
  7. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan, dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.
  8. Human Initiative Award 2018, dari PKPU.
  9. Tokoh Teladan Anti Hoax, dari Mafindo.
  10. Humas Pemerintah Terbaik, dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas Indonesia).
  11. Inspirator Terbaik Penyintas Kanker Paru, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).
  12. IAGI Award 2018, dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI).
  13. PNS Inspiratif 2018, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Tahun 2019:

  1. Obsesion Award 2019 Kategori Best Bureaucrats, dari Obsession Media Group (OMG).
  2. Tokoh Perubahan Republika 2018, dari Republika.
  3. Public Relation Berkinerja Cemerlang, dari Majalah PR Indonesia.
  4. Liputan6 Awards 2019 Kategori Pengabdian Masyarakat dari SCTV

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: