Hujan Membuat Suasana Lebaran di Bengkayang Sepi

  • Bagikan
Pedagang Makanan
WARUNG - Pedagang mie ayam di Bengkayang sedang melayani pembeli, Jumat (7/6/2019). (Foto Insidepontianak.com)

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah di Kabupaten Bengkayang dirasa sebagian masyarakat sepi, dibandingkan tahun lalu. Sepi yang dimaksud adalah, hilir mudik warga Bengkayang, terutama di sekitaran pasar tidak seramai tahun lalu, apalagi malam hari.

Diceritakan salah seorang warga Bengkayang, Saimarosoki Batu Bara, kemungkinan suasana Lebaran kali ini sepi, selain dikarenakan banyak masyarakat tak yang mudik, hal ini juga mungkin disebabkan Kabupaten Bengkayang, terutama di Kecamatan Bengkayang akhir-akhir ini seringkali hujan. Sehingga warga yang memang penduduk asli dan tidak mudik memilih tidak keluar rumah.

“Jadi, di Bengkayang akhir-akhir ini hujan terus. Misalnya saja malam ketiga Lebaran ini, sudah mulai gerimis. Bahkan tadi di pasar sudah lumayan deras,” ungkapnya, Jumat (7/6/2019).

Meskipun begitu, aktivitas pasar tetap berjalan, terutama warung makan, seperti bakso, mie ayam dan warung kopi. Disampaikan seorang penjual mie ayam yang terletak tepat di Taman Bumi Sebalo, Narwati, sejak hari kedua Lebaran hingga sekarang dirinya tetap berjualan.

Walaupun banyak umat muslim merayakan Lebaran, namun peningkatan jualannya justru cukup baik dibanding hari-hari biasa.

“Lebaran ini ramai, Mas, dibanding hari-hari biasa (pelanggan, red),” ujarnya.

Warga Solo, Jawa Tengah yang sudah berdiam hampir satu tahun lebih di Bengkayang ini mengatakan, dirinya sengaja tidak mudik. Sebab, saat ini harga tiket pesawat cukup tinggi. Jika pun mudik menggunakan kapal laut, saat ini anaknya masih berusia tiga tahun, sehingga repot jika harus dibawa berjalan jauh.

Apalagi, beberapa waktu yang lalu, dirinya sempat melihat lonjakan penumpang kapal yang sangat besar. “Takutnya kalau pakai kapal, kami (keluarga) tak dapat tempat untuk istirahat, Mas,” jelasnya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: