banner 468x60

Warga Komplek Makam Kesultanan Pontianak Dihebohkan Temuan Ikan Betutu Raksasa

  • Bagikan
Sungai Kapuas
IKAN BETUTU - Syarief Husen warga sekitar komplek pemakaman Kesultanan Pontianak, mendapatkan ikan betutu ketika menebar jaring troll di Sungai Kapuas, di dekat komplek Pemakaman Kesultanan, Sabtu (22/6/2019) malam. (Foto Insidepontianak.com)

PONTIANAK, Insidepontianak.com – Warga komplek Makam Kesultanan Pontianak dihebohkan dengan penemuan ikan betutu ukuran raksasa yang mencapai berat hingga 6,1 kilogram, sekitar pukul 22.00 Wib, Sabtu (22/6) malam.

Ikan dengan nama latin Oxyeleotris marmorata atau disebut warga setempat ikan bodo-bodo ini, didapat warga saat sedang menjala di sungai Kapuas, tepatnya di depan makam Kesultanan Pontianak, kelurahan Batu Layang, kecamatan Pontianak Utara.

Anggota kelompok nelayan Maju Terus, Syarif Husen yang pertama kali menemukan ikan ini menjelaskan, penemuan ini berawal saat dirinya hendak memancing udang di Pelabuhan Pontianak. Karena tak menemukan umpan, akhirnya ia memasang jaring troll di sungai belakang rumahnya.

“Lalu, saya masang lagi (jaring troll) di sungai depan makam Kesultanan Pontianak, yang tak jauh dari rumah,” ungkapnya.

Ketika akan mengangkat jaring tersebut, dijelaskan dia ada tarikan cukup kuat.

Awalnya ia berfikir yang tersangkut dijaring itu adalah ikan tapah atau belidak. Tapi setelah ditarik, ia mendapati dua ekor ikan betutu raksasa yang terjaring.

“Tapi yang satu ekor ikan betutu tiba-tiba lepas,” jelasnya.

Husen mengaku sebelumnya ia memang pernah mendapat ikan Betutu, namun kali ini ukuran ikan Betutu jauh lebih besar.

Sementara itu, meskipun baru didapatinya ikan ini, disampaikan Husen sudah ada orang yang tertarik untuk membelinya dengan harga Rp170 ribu per kilogram.

Sedikit informasi, ikan Betutu memang merupakan ikan yang cukup langka. Keberadaanya saat ini sulit dicari. Oleh karena itu, harganya pun terbilang cukup mahal hingga mencapai hingga ratusan ribu rupiah per kilogramnya.

Selain mahal, ikan betutu ini juga memiliki beragam khasiat kesehatan. Misalnya memiliki kandungan albumin tinggi yang berguna mempercepat penyembuhan luka bekas operasi. Selain itu, ikan ini juga dipercaya menambah vitalitas dan kecantikan. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: