banner 468x60

Kubu Raya Cegah dan Perangi Narkoba Sedini Mungkin

  • Bagikan
Bupati Muda Mahendrawan membacakan sambutan saat peringatan HANI di Kubu Raya.

KUBURAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya memerangi dan mencegah sedini mungkin penyalahgunaan dan peredaran narkotika di semua sektor, termasuk di lingkungan rumah tangga.

Hal ini disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan usai memimpin upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019 ini, di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (26/6/2019).

Muda Mahendrawan mengatakan, untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Maka mesti dimulai dari rumah tangga. Karena melalui lingkungan rumah tangga, akan mudah terpantau dan terdeteksi.

“Kita perlu bersinergi dan memperkuat landasan ini, sehingga Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam masalah ini yakin One Hundred Percent (100%) no narkoba. Sehingga semuanya harus secara totalitas. Semuanya harus dimulai dari rumah tangga dengan melibatkan desa-desa,” ungkap Muda Mahendrawan.

Muda menuturkan, Pemkab Kubu Raya terus berusaha agar semua rumah tangga, mendapatkan pemahaman dan pengetahuan terkait pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkotika melalui desa – desa.

Sehingga ke depannya diharapkan seluruh desa di Kubu Raya bisa mendeklarasikan dalam memerangi narkoba.

“Ke depannya saya akan menginisiasi semuanya desa, baik itu secara satu persatu desa maupun secara bersamaan akan mendeklarasikan desa perangi narkoba. Sehingga kedepannya setiap desa nol narkoba,” tuturnya.

Muda menegaskan, untuk di jajaran Pemkab Kubu Raya tidak ada toleransi bagi yang kedapatan menyalahgunakan narkoba, apalagi sebagai pengedar.

“Birokrasi inikan merupakan tauladan bagi masyarakat, sehingga jika birokrasi saja sudah terlibat narkoba,  maka akan mempengaruhi kinerjanya, pola pikirnya dan birokrasi juga harus punya deteksi dini yang menyebar di masyarakat juga harus memberikan pemahaman dan contoh di rumahnya dan di sekitarnya,” tuturnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kubu Raya Rudolf Manimbun menambahkan, pihaknya bersama Pemerintah Daerah terus berusaha mengingatkan masyarakat agar bisa bersama-sama mencegah dan memerangi narkotika.

“Ini upaya yang sangat penting dengan melakukan program-program pencegahan. Karena jika program pencegahan ini berhasil, maka pengungkapan kasusnya juga tidak akan ada”, ungkap Rudolf.

Rudolf menjelaskan,  pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga terus melakukan tes urin bagi jajaran birokrasi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang setiap tahun dilakukan.

Pada awal tahun ini, pihaknya sudah melakukan tes urine terhadap 700 ASN di Kubu Raya.

“Untuk ke depannya kita tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah agar pada tes urin selanjutnya bisa dilakukan bagi 1.000 bahkan 5.000 ASN yang ada di Kubu Raya ini. Langkah ini kita lakukan untuk pencegahan sedini mungkin keterlibatan ASN dalam penyalahgunaan narkoba,” tutupnya. (Jek/IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: