PKK Teluk Empening Miliki Peluang Juara Nasional

  • Bagikan
Perwakilan PKK Teluk Empening saat menerima selempang.

KUBURAYA, insidepontianak.com – PKK Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, masuk dalam enam besar terbaik nasional lomba Tertib Administrasi Sekretariat PKK Desa tingkat nasional tahun 2019.

PKK Teluk Empening bahkan berpeluang meraih predikat yang terbaik pada lomba yang digelar terkait Hari Kesatuan Gerak PKK 2019 itu. Tim Penilai PKK Pusat mengapresiasi TP PKK Teluk Empening yang dianggap aktif menjalankan program-program PKK meski secara geografis berada jauh dari kota.

“Saya ingatkan kembali kepada nominator agar menyiapkan persyaratan untuk pencairan dana. Karena dari enam besar nasional ini semua pasti jadi juara. Cuma sebagai juri kami harus menentukan peringkat juaranya. Pencairan dana nantinya sebagai hadiah untuk pembinaan sesuai aturan yang berlaku,” kata ketua tim penilai pusat sekaligus Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Rossi Rozanna Septimurni, di Balai Desa Teluk Empening, Kamis (27/6).

Rossi mengatakan penilaian lomba PKK dilakukan pihaknya dengan manajemen penilaian yang berkualitas. Meliputi materi penilaian, tahapan, proses, dan mekanisme penilaian hingga penentuan juara yang dilakukan secara berjenjang, terbuka, dan akuntabel. Sehingga menjadi instrumen penilaian yang ideal dan objektif.

“Saya berharap lomba ini strategis dan menjadi inspirasi serta motivasi bagi masyarakat luas termasuk para pelaku pembangunan dan pimpinan daerah di semua tingkatan. Sesungguhnya Gerakan PKK adalah faktor kunci dalam proses pemberdayaaan keluarga. Sehingga masyarakat bersama pemerintah desa didukung penuh pemerintah daerah mampu berperan serta dalam pembangunan,” tuturnya.

Rossi menyebut lomba PKK tingkat nasional akan mengharumkan nama daerah. Namun ia berharap agar prestise dan prestasi yang ada terus dijaga kesinambungannya. Terlebih pemenang lomba biasanya kelak akan menjadi tujuan studi banding bagi daerah-daerah lainnya. Karena itu, dia meminta PKK desa mengembangkan prinsip keterbukaan dalam berbagi pengetahuan.

“Terkait hal itu juga saya mendorong agar setiap daerah mempunya suatu program atau kegiatan pembinaan pascalomba yang dilakukan secara simultan. Terima kasih dan apresiasi kepada bupati dan seluruh jajaran pemerintah daerah yang selalu memberikan dukungan terhadap program dan kegiatan TP PKK. Pencapaian daerah ini sebagai nominator pelaksana lomba semoga dapat mendorong pembangunan daerah dan kemajuan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan menyebut keberhasilan PKK Teluk Empening menembus enam besar nasional sebagai kejutan yang membahagiakan. Dirinya menilai pencapaian PKK Desa Teluk Empening membuktikan bahwa kondisi geografis dan keterbatasan yang ada bukan halangan untuk berprestasi.

“Tentu kita tidak hanya puas dengan nominasi enam besar ini. Kita harus melakukan yang terbaik dan maksimal yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Secara terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan komitmennya terhadap eksistensi PKK mulai tingkat kabupaten hingga desa. Hal itu di antaranya diwujudkan melalui penerbitan peraturan bupati yang mengatur pengelolaan anggaran desa di mana di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan PKK.

“Boleh rencanakan apa saja sesuai bujet yang telah ditentukan. Kita sangat concern dengan kegiatan PKK ini,” tegasnya.

Pelaksana tugas Ketua TP PKK Desa Teluk Empening, Marni, bersyukur dengan kedatangan tim penilai PKK Pusat ke desanya.

Menurut dia, banyak ilmu baru yang diperoleh TP PKK desa khususnya terkait disiplin tertib administrasi kesekretariatan. Meski begitu, Marni mengaku tetap optimistis PKK Desa Teluk Empening akan mampu meraih peringkat yang baik dari enam nominator yang ada.

“Memang ada beberapa evaluasi dari tim penilai. Namun kami tetap berkeyakinan PKK Desa Teluk Empening secara umum telah mampu menyajikan data dan melalui proses verifikasi lapangan dengan baik. Lomba ini benar-benar memotivasi seluruh pengurus dan kader PKK Teluk Empening untuk terus berkarya membangun daerah,” ucapnya. (Jek/IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: