banner 468x60

Dandim dan Kapolres Sanggau Pimpin Pemadaman Api di Lahan PT SJAL II

  • Bagikan
Kebun Sawit
PADAMKAN API - Dandim 1204 bersama Kapolres Sanggau memimpin langsung pemadaman kebakaran lahan di PT SJAL II di Desa Lalang, Tayan Hilir, Sanggau, Selasa (2/7) kemarin. Penyebab kebakaran belum diketahui. (Foto Ist)

SANGGAU, insidepontianak.com – Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan bersama Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi memimpin langsung pemadaman kebakaran lahan di PT Sumatera Jaya Agro Lestari (PT SJAL II) di Desa Lalang, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (2/7) kemarin. Penyebab kebakaran lahan milik perusahaan perkebunan sawit tersebut belum diketahui.

“Lahan yang terbakar kurang lebih 3 hektare, berada di titik N19 dan M13, koordinat pada kebun PT SJAL II,” kata Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan kepada wartawan, Rabu (3/7/2019).

Ia menuturkan, lahan yang terbakar sudah tertanam pohon kelapa sawit dengan usia tanam sekitar 5 tahun.

“Jadi ini merupakan lahan gambut dengan kedalaman 2,5 meter, dan di sekitar pohon kelapa sawit terdapat batang atau ranting pohon yang sudah ditebang dan kering,” jelas Dandim.

Selama proses pemadaman, TNI dan Polri menerjunkan 25 personel. Ikut juga dari Manggala Agni dan karyawan PT SJAL II. Tim pemadam Karhutla terdiri dari Kodim 1204/Sanggau sebanyak 10 orang, Polres Sanggau 15 orang, Maggala Agni Sanggau 6 orang dan karyawan PT SJAL II 20 orang.

Sementara itu, Divisi Manager PT. SJAL II, Haryono mengaku belum mengetahui penyebab timbulnya titik api di area kebun tersebut. “Kita belum tahu,” jawabnya singkat.

Setelah berjuang memadamkan api sejak siang kemarin, api akhirnya dapat dijinakkan pada sore hari sekitar pukul 17.30 Wib. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: