Musim Kemarau Tiba, Forkopimca Entikong Siaga Karhutla

  • Bagikan
Entikong
SIAGA - Anggota Polsek dan Koramil melakukan tes dan debit air pada sungai, sebagai antisipasi dan siaga terhadap karhutla di Entikong, Jumat (12/7/2019). (Foto Insidepontianak,com)

ENTIKONG, insidepontianak.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat melaksanakan patroli bersama dan simulasi penanganan lahan terbakar.

Langkah ini diambil sebagai bentuk penguatan sinergitas antara Polsek Entikong, Koramil Entikong dan pemerintah kecamatan setempat, dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau.

“Hutan dan lahan terbakar di Entikong sejauh ini belum kami temukan, mudah-mudahan tidak ada. Kalaupun nanti ada lahan yang terbakar, kami dari unsur Polri, TNI bersama pemerintah kecamatan siap menanganinya,” tegas Wakapolsek Entikong, Iptu Eeng Suwenda saat memimpin patroli karhutla dan simulasi penanganan lahan terbakar, Jumat (12/7/2019).

Ia mengatakan, memasuki musim kemarau potensi lahan terbakar memang ada. Salah satu pemicunya, yaitu kebiasaan petani lahan kering membuka ladang baru dengan cara dibakar. Meski begitu, lahan yang terbakar tidak luas karena petani sendiri sudah membuat sekat-sekat di ladangnya, agar api tidak menjalar ke lokasi lain.

“Peralatan pemadam kebakaran yang ada di Entikong siap diturunkan, bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” timpal Eeng.

Ia menyebut, sejak tiga bulan yang lalu dari Kepolisian maupun Koramil sudah mengeluarkan imbauan dan terus mengedukasi masyarakat, terutama petani agar tidak membuat sumber api saat kemarau. “Api sekecil apa pun bisa membahayakan, apalagi jika sampai terjadi karhutla,” pungkasnya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: