Bupati Muda Sampaikan Pembekalan KKM Fakultas MIPA Untan

  • Bagikan
Pemkab Kubu Raya
KKM - Bupati Muda Mahendrawan menjadi pembicara pada Kuliah Kerja Mahasiswa MIPA Untan, Senin (29/7/2019). (Foto Jaka/Humpro Kubu Raya)

KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menjadi pemateri pada kegiatan pengarahan dan pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Mandiri 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tanjungpura, di Gedung Konferensi 5, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Senin (29/7/2019).

Kegiatan pengarahan dan pembekalan KKM Mandiri 2019, Fakultas MIPA Untan Pontianak itu mengangkat tema, “Pemberdayaan Potensi Desa Menuju Desa Mandiri Berbasis Sains dan Teknologi.”

Mahasiswa Fakultas MIPA Untan Pontianak ini direncanakan akan melaksanakan KKM Mandiri di Kecamatan Terentang.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan, Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Barat, dengan memiliki sembilan kecamatan, salah satunya Kecamatan Terentang.

“Terentang ini kecamatan terluas ketiga di Kubu Raya, setelah Kecamatan Batu Ampar dan Sungai Raya. Namun, jumlah penduduknya tidak besar, sekitar 14 ribu penduduk dan ada 10 desa,” kata Muda Mahendrawan saat menjadi pemateri.

Menurut Muda, dengan wilayah Kecamatan Terentang yang cukup luas dan jumlah penduduk yang tidak begitu besar, tentunya menjadikan tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk melakukan percepatan pembangunan.

“Upaya yang perlu dilakukan oleh Pemkab Kubu Raya yakni, upaya-upaya percepatan, agar desa lebih cepat bergerak. Pembangunan harus mampu membuat masyarakat lebih berinisiatif, dan mampu mengembangkan sesuai potensi yang ada di kampungnya,” tutur Muda.

Muda mengatakan, mahasiswa harus mempunyai pola pikir, desa atau kampung bukanlah masa lalu yang semakin ditinggalkan, sehingga desa itu juga semakin sulit berkembang.

“Desa itulah masa depan, karena berbagai potensi itu ada di desa. Masa depan itu harus dirawat dan diperkuat. Ini harus menjadi cara pandang kita,” kata Muda.

Muda bersyukur, KKM dari Fakultas MIPA Untan dilaksankan di Kecamatan Terentang. Untuk itu diharapkan mahasiswa KKM dapat menemukan, dan menditeksi persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat kemudian menemukan solusinya.

“Mahasiswa yang KKM juga harus mampu mendorong masyarakat menyikapi secara maksimal program-program yang ada. Jika pendataan dan pemetaan berbagai persoalan ditindaklanjuti dan diperkuat oleh program-program pemerintah, maka KKM yang dilakukan  itu jauh lebih maksimal,” tuturnya. (jek/01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: