Indomaret Gelar Seminar UMKM di Sanggau untuk Jaring Rekanan

  • Bagikan
UMKM
PELATIHAN - Kepala Disperindagkop dan UM Kabupaten Sanggau, Syarif Ibnu Marwan Alqadrie saat menyerahkan bantuan gerobak dari Indomaret secara simbolis di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau, Selasa (6/8). (Foto Inside Pontianak) Indomaret Gelar Seminar UMKM di Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com – PT Indomarco Primastama atau Indomaret bekerja sama Pemkab Sanggau, menggelar seminar Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau, Selasa (6/8/2019). Kegiatan diikuti 60 peserta.

Selama kegiatan, pelaku UMKM dibekali strategi dalam meningkatkan kualitas melalui inovasi dan kreativitas, serta manajemen usaha kecil dan keuangan sederhana, regulasi, keamanan pangan, persyaratan UMKM menembus pasar modern, dan kredit lunak UMKM. Selain itu, seminar ini juga diisi demo masak, game dan doorprize.

“Kami berharap, seminar ini bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi UMKM, sehingga bisa bermitra dengan Indomaret. Dengan begitu, selain produk daerah bisa dikenal lebih luas lagi dan kesejahteraan pelaku UMKM juga meningkat,” kata Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Ignatius Irianto kepada wartawan, usai membuka seminar tersebut, Selasa (6/8/2019).

Kabupaten Sanggau memiliki banyak produk lokal, berupa kuliner, jajanan pasar dan kerajinan. Oleh karena itu, kerja sama yang lebih serius dengan pihak Indomaret perlu dilakukan.

“Kedepan, MoU dengan pihak Indomaret akan dilakukan. Kita sudah punya produk-produk lokal, dan pihak Indomaret bisa menilai, sehingga layak di pasarkan di gerai atau toko mereka,” ujar Ignatius.

Ia mengatakan, secara umum industri kecil di Kabupaten Sanggau dari sisi produk, tidak mampu bersaing dengan produk yang sama dari luar. Ini karena harga jual tinggi, kemasan tidak menarik, kelengkapan legalitas usaha belum memadai, serta banyak produk belum disertifikasi.

Selain itu, kurangnya inovasi dan kreativitas produk, lemahnya promosi produk dan dilakukan secara konvensional atau menggunakan peralatan yang masih sederhana.

Kondisi ini dipersulit lagi oleh, belum adanya metode kerja yang efektif dan efesien dalam tata laksana peningkatan daya saing, yang merupakan kewenangan pemerintah daerah, terutama terhadap IKM.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, dapat menjadi stimulan bagi pelaku UMKM dan IKM di Kabupaten Sanggau, agar terus berpacu untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitas produk. Dengan begitu akan mampu bersaing,” katanya.

Sementara itu, Deputy Manager Cabang Pontianak PT Indomarco Primastama, Slamet Riyanto mengatakan, melalui seminar ini pihaknya ingin menggandeng para pelaku UMKM di Kabupaten Sanggau.

“Sesuai dengan tema kita, yaitu meningkatkan daya saing UMKM melalui inovasi dan kreativitas. Ini merupakan langkah awal kita untuk menggandeng UMKM, supaya produk-produk UMKM bisa kita pasarkan di Indomaret,” katanya.

Slamet mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjajaki produk-produk UMKM apa saja yang bisa di pasarkan di Indomaret. “Kita coba dulu beberapa yang berpotensi, dan itu sudah kita siapkan di ruang khusus untuk UMKM, dalam bentuk jajanan pasar maupun produk lokal lainnya. Tentunya kita juga akan melihat cara packing-nya, sehingga apa yang kita harapkan UMKM bisa lebih maju,” tuturnya.

Slamet menambahkan, penjajakan tersebut dilakukan langsung ke pembuat atau pengusaha mikro, bukan lewat supplier. “Dan untuk kapasitas UMKM ini mengirim juga terbatas, paling sementara ini kita mulai dengan satu, dua toko. Jika memang tumbuh besar, nanti akan kita bicarakan lebih lanjut,” pungkasnya.

Pada acara itu, pihak Indomaret juga menyerahkan 10 unit gerobak UMKM pilihan Pemkab Sanggau. Hadir dalam acara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Arita Apolina Paolus Hadi, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah Ontot, dan Kepala Disperindagkop dan UM Kabupaten Sanggau, Syarif Ibnu Marwan Alqadrie. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: