Linoh: Posyandu Bersandar Kebutuhan dan Kepentingan Kesehatan Masyarakat

Pemkab Sintang
POSYANDU - Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh berbicara kepada kader Posyandu dalam acara jambore di Aula dr Moechtar Moeloek Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rabu (7/8/19) pagi.

SINTANG, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan, kader posyandu adalah UKBM atau usaha kesehatan, bersumber dari masyarakat, oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

“Sudah ada 468 posyandu di Kabupaten Sintang. Tapi yang aktif itu hanya 168. Aktif itu yang mandiri dan purnama, yang lainnya masih dapat lampu merah dan lampu kuning, yakni pratama dan madya,” kata Linoh, di Aula dr Moechtar Moeloek Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rabu (7/8/19) pagi.

Bacaan Lainnya

Namun, itu semua tergantung dari para kader posyandu, bagaimana bisa mengaktifkan posyandu melalui kunjungan posyandu dan kunjungan balita. Apalagi sekarang sudah banyak posyandu. Seperti ada posyandu lansia, dan posyandu untuk ibu hamil.

Ia mengajak kader posyandu untuk lebih aktif menggerakkan posyandu di daerah masing-masing. Juga membawa masyarakat sekitar supaya hadir di posyandu. Sebab, kalau di posyandu para kader bisa menjelaskan tentang informasi dan perkembangan kesehatan, masalah panyakit menular dan tidak menular serta hal lainnya tentang kesehatan, ada tenaga kesehatan juga didesakan.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegitan Jambore Posyandu Darmadi mengatakan, kegiatan jambore ini merupakan event tahunan di Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, sekaligus ajang silaturrahmi setiap kader Posyandu di Kabupaten Sintang.

Dimana pesertanya adalah kader yang berprestasi dan dipilih oleh 20 puskesmas. Dimana jumlah pesertanya sebanyak 80 peserta, terdiri dari 60 kader posyandu dan 20 tenaga pendamping berasal dari puskemas masing-masing.

Tujuannya, meningkatkan kinerja para kader posyandu, memotivasi dan meningkatkan ketrampilan mereka. Ada lomba cerdas cermat, praktik pemberian makanan bayi dan anak, penyuluhan, lomba poster, permainan yang inovatif dan lomba lainnya.

Hadir juga dalam acara ini, Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus, para peserta jambore dan tamu undangan lainnya. (IP-01)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *