banner 468x60

Jarot: Anggota Paskibraka Mesti Miliki Jiwa Nasionalisme

  • Bagikan
Kabupaten Sintang
PASKIBRAKA - Anggota Paskibraka Kabupaten Sintang ditetapkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (13/8/2019). (Humpro Sintang)

SINTANG, insidepontianak.com – Sebanyak 31 anggota pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, yang ditandai dengan pemasangan evolet Paskibraka di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (13/8/2019).

Peserta Paskibraka yang telah dikukuhkan, nantinya akan bertugas sebagai pengibar bendera merah putih pada upacara perayaan hari ulang tahun Negara Indonesia yang ke 74 di Stadion Baning, Sintang.

Dalam sambutannya, Jarot mengatakan bahwa Paskibraka Sintang harus bisa menunjukkan kualitas terbaiknya. Tugas itu amanat mulia yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Mereka harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan yang terpilih, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi.

Pada kesempatan itu, Jarot juga berpesan agar acara pengukuhan ini tidak diartikan sebagai acara seremonial belaka. Namun harus dihayati dan direnungkan oleh peserta Paskibraka, agar bermakna untuk menanamkan serta menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Jarot menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia Paskibraka, pelatih dan unsur-unsur yang terkait, yang telah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota Paskibraka Kabupaten Sintang.

Secara terpisah, Pembina Paskibraka Kabupaten Sintang, Deavy Mustika menjelaskan, jumlah anggota Paskibraka asal Kabupaten Sintang, ada 31 orang Paskibraka. Mereka berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sintang. Terbanyak, 20 orang dari Kecamatan Sintang. Selebihnya, setiap kecamatan mengirim 1-2 orang.

Anggota Paskibraka sudah dilatih beberapa hari yang lalu, untuk persiapan HUT RI di Sintang. Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, para peserta menjalani serangkaian pendidikan dan latihan yang dilaksanakan mulai 30 Juli 2019, hingga 18 Agustus 2019 di Gedung Cadika Sintang.

“Dalam Diklat ini mereka dididik dan dilatih melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera merah putih, pada saat peringatan HUT RI tahun ini,” jelasnya. (IP-01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: