Pemkot dan Satlantas Luncurkan dan Bagi 150 Helm Anak di Pontianak

Polresta Pontianak
HELM ANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syf Salbiah mengenaka helm anak kepada siswa SD sebagai bagian dari Pleuncuran Program Helm untuk Anak di Halaman SMPN 2 Pontianak Selatan, Kamis (22/8/2019). (Foto Humpro Pemkot)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Satlantas Polresta Pontianak bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meluncurkan Helm Children Standar Nasional Indonesia (SNI). Peluncuran ini dirangkaikan dengan Pentas Seni dan Budaya Pelajar, dan memasangkan helm untuk anak-anak secara simbolis di Halaman SMPN 2 Pontianak Selatan, Kamis (22/8/2019).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendukung kegiatan launching Helm Children ini, sebagai bentuk edukasi sejak dini kepada anak-anak akan pentingnya ketertiban berlalu lintas.

Bacaan Lainnya

“Dengan demikian, mereka sejak dini sudah memahami pentingnya penggunaan helm bagi keselamatan mereka, saat berada di kendaraan,” ujarnya.

Edi mengajak para orang tua sejak dini mengenalkan kepada anak-anaknya, akan pentingnya menggunakan helm. Membiasakan anak-anak menggunakan helm saat berkendara, merupakan bentuk edukasi tertib berlalu lintas.

“Jadi, tidak hanya orang tuanya saja yang menggunakan helm, anak-anak yang ikut berboncengan pun harus menggunakan helm, demi keselamatan di jalan raya,” tuturnya.

Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syf Salbiah menjelaskan, latar belakang digelarnya launching Helm Children ini, karena hasil analisa dan evaluasi dari Lakalantas, korban fatalitas sekitar 50 persen akibat tidak menggunakan helm standar.

“Untuk itulah, kami melakukan launching Helm Children dengan membagikan gratis helm anak-anak kepada siswa sekolah dasar,” katanya.

Menurut Salbiah, pembagian helm anak-anak ini sebagai bentuk edukasi sejak dini, dengan mengenalkan mereka helm standar SNI. Kegiatan ini diharapkannya memberikan dampak positif yang sangat besar.

“Kalau anak-anak saja sudah menggunakan helm standar, apalagi orang dewasa,” sebutnya.

Program ini menyasar anak-anak usia sekolah seiring dengan program Polisi Sahabat Anak. Dengan anak-anak mengenakan helm standar, akan memberikan contoh bagi orang dewasa untuk menggunakan helm standar SNI.

“Kalau anak sudah tertib dalam berlalu lintas, tentu orang tuanya harus lebih tertib lagi,” ungkapnya.

Pihaknya didukung sponsor menyediakan 150 helm anak-anak secara gratis untuk dibagikan kepada siswa sekolah. Kegiatan ini merupakan sinergi antara Pemerintah Kota Pontianak didukung sponsor dalam rangka HUT RI ke-74, Hari Anak Nasional dan HUT Lantas yang nantinya jatuh pada tanggal 22 September 2019 mendatang.

“Rangkaian kegiatan secara sinergis sudah kami lakukan salah satunya launching Helm Children. 150 helm yang dibagikan kepada siswa-siswi sekolah,” pungkasnya. (jim/01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *