Galeri Foto Jurnalistik Antara Selenggarakan Pameran Foto di Pontianak

PAMERAN - Salah satu Foto Konferensi Meja Bundar yang dipamerkan dalam "Art and Diplomacy" di Perpustakaan Nasional, Jakarta pada Kamis (15/8/2019). (ANTARA/Aubrey Fanani)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Gandarrana, mempersembahkan sebuah pameran fotografi  bertajuk “Art & Diplomacy”.

Kegiatan itu merupakan sebuah rangkaian dokumentasi sumber sejarah yang dikemas dalam bentuk pameran fotografi. “Pameran itu untuk mengajak kita, melihat sisi lain dari diplomasi para tokoh bangsa, yang sedikit diketahui kebanyakaan orang,” kata Victor Videlis Sentosa, panitia pameran foto di Pontianak, Jumat (23/8/2019).

Bacaan Lainnya

Maksud dan tujuan dari pameran “Art  & Diplomacy” adalah, sebagai pengingat bahwa kemerdekaan dicapai dengan segala usaha yang mengorbankan jiwa, raga, harta, dan pikiran.

“Serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya dalam merawat dan menjaga ingatan kolektif, agar kelak kita tidak menjadi bangsa yang amnesia atau melupakan sejarah,” kata Victor.

Sebelumnya, pameran tersebut berlangsung di Bronbeek, Belanda, Perpustakaan Nasional, serta Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta Pusat.

Gandarrana mengajak pula sahabat penikmat visual, turut serta berpartisipasi dalam pameran tersebut. Pameran diadakan di delapan kota, termasuk di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Di Pontianak, PMK Coworking Space menjadi salah satu tempat diadakannya pameran  keliling “Art & Diplomacy”. Pameran akan dibuka pada 24 Agustus 2019, pukul 15.00 WIB oleh Teguh Imam Wibowo, Kepala Biro Antara Kalbar.

Selain acara pameran foto, juga diisi dengan diskusi. Acara dipandu pemantik Yeni Mada, dengan pembicara Ahmad Sofian DZ, penggiat sejarah. Dua orang fotografer akan jadi pembicara dalam acara itu. Yaitu, Timbul Mujadi, Fotografer Pontianak Post dan Jesica Helena Wuysang, Fotografer dari Biro Antara Kalbar.

Sebagai informasi, PMK Coworking Space beralamat di Jalan Karna Sosial, Gang Wonoyono II No. 3, Pontianak Selatan. (IP-01)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *