Bupati Jarot Buka Lomba Pawai Obor Sambut 1 Muharam di Sintang

Pemkab Sintang
PAWAI OBOR - Peserta pawai obor berjalan menyusuri jalan di sekitar Kota Sintang untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah. (Foto Humpro Sintang)

SINTANG, insidepontianak.com – Dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang, Sabtu (31/8/2019), sekitar pukul 19.30 WIB melaksanakan Lomba Pawai Obor di Depan Pendopo Bupati Sintang. Acara dibuka langsung Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Dalam kata sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, peringatan Tahun Baru Islam merupakan introspeksi diri agar bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Di berbagai tempat beragam kegiatan diselengarakan. Ada yang disebut dengan Suroan. Ada pawai benda-benda Keraton. Ada yang menyelenggarakan doa akhir dan awal tahun, dan berbagai macam kegiatan.

“Kita di Sintang menyelenggarakan dengan lomba pawai obor,” katanya.

Hal penting yang bisa petik dari  tahun baru ini adalah, penetapan mulanya penanggalan Islam ini pada jamannya Khalifah Umar bin Khatab. Kemudian dimulainya pilihan awal tahun, menandai hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Di Madinah mendirikan pemerintahan Islam yang Rahmatan lil Alamin yang mengayomi seluruh masyarakat dari berbagai suku dan komponen bangsa yang ada.

Selain itu, Bupati Sintang juga menjelaskan, peringatan Hari Besar Islam ini, mengenang peristiwa tersebut, membiasakan orang mempergunakan penanggalan muslim, dan terpenting adalah agama Islam ini, Rahmatan lil Alamin.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lomba  Pawai Obor, Anang Nurkholis mengatakan, lomba pawai obor yang dilaksanakan, sebagai salah satu sarana  siar Islam dalam rangka memasuki tahun baru Islam 1441 hijriah.

“Selain itu, memperkuat ukhuwah Islamiah dan memperkuat silaturahmi, terutama di kalangan generasi muda Islam, untuk mengemban estafet generasi muda Islam kedepannya,” jelas  Haji Anang Murkholis.

Kegiatan pawai obor ini diikuti sebanyak 34 regu. Setiap regu ada 21 orang. Jumlah keseluruhannya adalah 646 orang. Mereka utusan dari SMP, MTs, MA, SMA dan SMK, serta Remaja Masjid dan Ibu-Ibu Majelis Taklim di lingkungan masjid sekitar Kota Sintang

Acara itu juga dihadiri Kapolres, Dandim 1205 Sintang, Forkopimda, OPD, Ketua Majelis Ulama, Ketua  dan Pengurus  Ormas Islam, Ketua PHBI Kabupaten Sintang, para kepala sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para undangan. (IP-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *