BJ Habibie Wafat, Akan Dikebumikan di Sisi Makam Istri di Kalibata

  • Bagikan
MENINGGAL - Presiden ke-3, BJ Habibie meninggal di pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (Foto Twitter)

Jakarta, inisdepontianak.com – Presiden Republik Indonesia Ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB. Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Rumah Habibie di Jalan Patra Kuningan Jakarta Selatan mulai ramai didatangi masyarakat dan berbagai pihak yang akan mempersiapkan kedatangan jenazah di rumah duka.

Rumah duka di jalan Patra Kuningan Jakarta, Rabu malam, sejumlah petugas disibukkan dengan kegiatan memasang tenda dan kebutuhan lainnya untuk menyambut kedatangan almarhum Bj Habibie.

Sejumlah orang tampak ramai berada di halaman pelataran rumah yang di dindingnya terpampang poster film Rudy Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian. 

Suasana kediaman Presiden RI Ke-3 BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam.

Sementara di jalan depan rumah sudah ramai oleh awak media dan petugas dari berbagai instansi yang mempersiapkan keperluan di rumah duka.

Sekitar 100 meter di jalan dekat rumah juga tampak dijaga oleh petugas kepolisian serta TNI.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta Rabu pukul 18.05 WIB. 

Jenazah mendiang Presiden RI Ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie tiba di rumah duka di kawasan Patra Kuningan Jakarta Selatan pukul 20.31 WIB.

Jenazah dibawa menggunakan mobil jenazah Garnisun dengan pengawalan ketat dari kepolisian, dan juga oleh anggota TNI serta Paspampres. 

Mobil jenazah diberangkatkan dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat sekitar pukul 20.11 WIB.

Sejumlah tokoh tampak sudah hadir sebelum kedatangan jenazah yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, sejumlah anggota dari Habibie Center, serta keluarga dan kerabat.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan mendiang Presiden RI Ke-3 BJ Habibie akan disemayamkan di samping makam mendiang istrinya Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Untuk pemakaman almarhum besok di Taman Makam Pahlawan sudah kita persiapkan, jadi nanti di sebelahnya almarhumah Ibu Ainun Habibie,” kata Pratikno di rumah duka Jalan Patra Kuningan Jakarta Selatan, Rabu, seperti dilansir Antara.

Rencananya pemakaman akan dilakukan esok hari dengan diawali dari upacara di rumah duka, kemudian dilanjutkan upacara di TMP Kalibata yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pratikno mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat, institusi, dan kementerian-lembaga untuk mengibarkan bendera setengah tiang dalam rangka hari berkabung nasional hingga tiga hari yakni hingga tanggal 14 September.

“Kami mohon mengajak kepada semua masyarakat kepada pimpinan lembaga negara lembaga pemerintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari,” kata dia. (IP-01)

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: