Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Pimpin Sertijab Pangdam XII/Tpr dan Aspam Kasad

  • Bagikan
Andika Perkasa
SERTIJAB - Kasad Letjen TNI Andika Perkasa menandatangani Sertijab Pangdam XII/Tpr, Pangdam XVII/Cenderawasih, dan Aspam Kasad bertempat di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, Senin (16/9/2019). (Dispenad)

JAKARTA, insidepontianak.com – Guna pembinaan organisasi, dan regenerasi serta kesinambungan kepemimpinan, agar TNI AD semakin profesional, maju, dan dicintai rakyat, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangdam XII/Tpr dan Asisten Pengamanan (Aspam) Kasad  bertempat di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Jakarta, menjelaskan bahwa Jabatan Pangdam XII/Tpr diserahterimakan dari Mayjen TNI Herman Asaribab kepada Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. Sedangkan, jabatan Aspam Kasad diserahterimakan dari Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, kepada Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang.

Mayjen TNI Herman Asaribab, yang merupakan putra asli Jayapura, Papua lulusan Akademi Militer tahun 1988 selanjutnya akan menempati posisi baru sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih, menggantikan Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring.

“Untuk upacara Sertijab Pangdam XVII/Cen akan dilaksanakan di Makodam XVII/Cen, Jayapura, Selasa (17/9/2019) dan dijadwalkan dipimpin langsung oleh Kasad,” ungkap Candra.

Untuk diketahui bahwa Pangdam XII/Tpr yang baru, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1988.  Beberapa jabatan penting yang pernah diemban sebelumnya antara lain adalah Aspam Kasad (2019), Kasdam VI/Mlw (2017), Waaspam Kasad (2016), Irdam V/Brw (2015), dan Danrem 084/Bj (2014).

Sementara, Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987, sebelum menjabat Aspam Kasad, pernah menempati sejumlah jabatan penting antara lain Wadan Sesko TNI (2019), Wadanjen Akademi TNI (2018), Kapuspen TNI (2018), dan Pa Sahli Tk.III Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI (2018).

Ditambahkan Kadispenad bahwa, alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI AD, merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi, sekaligus regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, dalam rangka mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran.

“Yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi, sekaligus menandai tradisi pewarisan nilai-nilai dan tanggung jawab kepemimpinan agar TNI AD semakin profesional, maju, dan dicintai rakyat),” kata  Brigjen TNI Candra Wijaya.

Dalam  rangkaian acara Sertijab Pangdam XII/Tpr dan Aspam Kasad yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut. Antara lain, ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, penyerahan Pataka Kodam XII/Tpr, penandatanganan naskah serah terima jabatan,  pemasangan tanda pangkat, dan  jabatan serta penyerahan tongkat komando oleh Kasad.

Selain itu, mengawali pelaksanaan Sertijab, para tamu undangan dan peserta upacara  menyaksikan penayangan slide show dokumentasi foto-foto kegiatan perjalanan karier ketiga pejabat yang melaksanakan sertijab, sejak pendidikan pembentukan/taruna hingga menempati posisi saat ini, melalui videotron yang berada di sisi lapangan Mabesad.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang melaksanakan Sertijab beserta istri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, dan diikuti tamu undangan lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Kadispenad, Dandenma Mabesad, pejabat Kodam XII/Tpr, Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa beserta Pengurus Pusat serta perwakilan prajurit dan PNS TNI AD yang bertugas di lingkungan Mabesad. (Dis/01)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: