Alami Sesak Nafas Akibat Asap, Edi Imbau Warga ke Rumah Oksigen

TINJAU - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meninjau Remah Oksigen yang bisa digunakan oleh warga untuk mendapatkan oksigen segar, Selasa (17/9/2019). (Foto Humpro Pontianak)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meninjau pelayanan rumah oksigen yang ada di Puskesmas Alianyang, Selasa (17/9/2019). Rumah oksigen yang ada di Puskesmas Alianyang ini merupakan satu diantara tujuh titik rumah oksigen yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sebagai pertolongan pertama bagi warga yang terpapar dampak asap yang masih melanda Kota Pontianak.

“Banyaknya masyarakat yang sesak nafas atau mengalami gangguan pernapasan mereka bisa datang langsung ke rumah oksigen yang telah disediakan di beberapa titik fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk,” ujar Edi.

Warga yang mengalami gangguan pernafasan, penanganannya berupa pemberian oksigen bersih serta alat Nebulizer yang sudah disiapkan di rumah oksigen secara gratis. “Masyarakat yang merasa ada gangguan pernafasan, manfaatkan rumah oksigen untuk memulihkan saluran pernafasannya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyebut, ada tujuh lokasi yang ditunjuk sebagai rumah oksigen, yakni Dinkes Kota Pontianak, Puskesmas Gang Sehat, Puskesmas Alianyang, Puskesmas Perumnas I, Puskesmas Kampung Dalam dan Puskesmas Siantan Hilir. Ia menerangkan, tujuan rumah oksigen ini adalah sebagai pertolongan pertama apabila ada warga yang mengalami sesak nafas. Rumah oksigen itu disediakan Nebulizer.

“Bilamana ada yang mengalami sesak nafas yang diakibatkan asma dampak dari asap, silakan dibawa ke rumah oksigen yang ada di layanan kesehatan yang ditunjuk tersebut,” jelasnya.

Apabila kondisi pasien semakin parah sesak nafasnya, lanjut Sidiq, maka segera dibawa fasilitas kesehatan yang lebih tinggi atau rumah sakit terdekat. “Jadi rumah oksigen itu disediakan sebagai pertolongan pertama,” tuturnya. (jim/02)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *