banner 468x60

Polda Kalbar Tetapkan PT SAP dan PT SISU Tersangka Karhutla

  • Bagikan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo,

JAKARTA, insidepontianak.com – Polda Kalbar menetapkan dua perusahaan dengan status tersangka terkait masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dua perusahaan yang dimaksud yakni PT Suya Argo Palma (SAP) dan PT Sepanjang Inti Surya Usaha (SISU).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Rabu (18/9/2019), dilansir detik.com, menuturkan Polda Kalbar tak hanya menjadikan perusahaan sebagai tersangka, tapi juga pejabat perusahaan.

Di antaranya menetapkan Manager PT Lubuk Sabuk Estate, yang merupakan bagian dari PT SISU, berinisial RSL sebagai tersangka kebakaran lahan seluas 30 hektare. Selain itu, Manager PT Surya 5 dan 6, yang merupakan bagian dari PT SAP, berinisial KS sebagai tersangka Karhutla seluas 3,6 hektare.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji meyakini, penyumbang kabut asap terbesar di Kalimantan Barat berasal dari kebakaran di konsesi perusahaan.

“Berapa lah lahan warga yang terbakar, paling 1-2 hektar,” tukasnya, dilansir mongabay.com.

Sementara dari pencitraan satelit, kebakaran di lahan konsesi mencapai ratusan hektar.

“Perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri tidak bisa mengelak,” katanya.

Hingga 16 September 2019, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sudah memberi peringatan 103 perusahaan. Perusahaan yang disegel pun telah bertambah menjadi 40 perusahaan. Sebanyak 15 perusahaan di antaranya, diberikan sanksi tidak boleh menggunakan lahannya 3 tiga hingga 5 tahun. “Lima perusahaan kita usulkan dicabut izinnya, dan empat perusahaan sedang proses hukum,” jelasnya. (02)

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: