Bunda PAUD Kuburaya Dukung Pendidikan Anak Berkualitas

Pelantikan Pengurus Daerah Himpaudi Kuburaya (insidepontianak).

KUBURAYA, insidepontianak.com – Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD Kalimantan Barat, melantik Pengurus Kabupaten Kubu Raya periode 2019-2023, di Aula Kantor Bupati Kuburaya, Rabu (2/10/2019).

 

Bacaan Lainnya

Pelantikan Pengurus Daerah Himpaudi Kuburaya dirangkai dengan kegiatan workshop Pemanfaatan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (Sicantik) bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kuburaya.

 

Pelantikan dipimpin Ketua Himpaudi Kalbar, Muhammad Yusuf. Turut hadir Sekda Kabupaten Kuburaya, Yusran Anizam dan Bunda PAUD, Rosalina Muda Mahendrawan.

Muhammad Yusuf mengatakan, Himpaudi adalah organisasi profesi pendidik dan tenaga pendidikan anak usia dini. Tugas pokok Himpaudi selain menyatukan tenaga pendidik anak usia dini juga memperjuangkan aspirasi.

 

Himpaudi juga bertujuan meningkatkan profesionalisme pelaksanaan PAUD dan sarana pengembangan profesi. “Kami prioritaskan memperjuangkan dan membentuk anak usia dini agar tumbuh dan berkembang sesuai potensi dan kecerdasannya,” kata Muhammad Yusuf.

 

Bunda PAUD Kabupaten Kuburaya, Rosalina Muda Mahendrawan, mengucapkan selamat kepada Pengurus Daerah Himpaudi Kuburaya. Dia  berharap pengurus dapat bekerja sama mengembangkan PAUD.

 

Dia menjelaskan, PAUD baru dapat menjangkau 71,5 persen anak usia dini di Kalimantan Barat. Di bawah jumlah akses nasional yakni 75,13 persen.

 

“Masih ada pekerjaan rumah bersama untuk menyediakan akses terhadap anak usia dini di Kuburaya serta memberikan layanan PAUD yang berkualitas,” kata Rosalina.

Rosalina mengatakan, sejak tahun 2015 Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mencanangkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas. Yakni gerakan yang melibatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan dukungan dan peran serta mewujudkan layanan PAUD berkualitas.

 

Layanan PAUD berkualitas ditandai adanya 5 kebutuhan esensial anak di setiap satuan pendidikan. Di antaranya kesehatan, pendidikan, intervensi gizi, perawatan dan pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan.

 

“Saat ini di Kabupaten Kuburaya masih banyak satuan PAUD yang belum berkualitas. Banyak PAUD yang belum terakreditasi. Saya berharap Himpaudi bersama Bunda PAUD di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa dapat mendorong satuan PAUD agar mampu menghadirkan layanan yang berkualitas.” (ip/03)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *