Pancasila Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh

Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila

SINTANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019).

 

Bacaan Lainnya

Bupati Sintang, Jarot Winarno bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri Forkopimda, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, Darma Wanita, kepala organisasi perangkat daerah dan ASN.

Bupati Sintang menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila adalah momen bersejarah dimana pernah terjadi upaya menganti ideologi Pancasila yang pada akhirnya gagal.

 

Tema peringatan nasional yang diusung tahun ini adalah, “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Melalui tema ini masyarakat dituntut memahami dan mengamalkan Pancasila agar lahir karakter bangsa.

 

Karakter bangsa adalah tabiat, watak, sifat kejiwaan atau budi pekerti yang tumbuh pada suatu bangsa. Karakter tercermin pada sikap dan perilaku yang membedakan dengan bangsa lain.

 

“Nilai Pancasila kita yakini mampu membentuk watak dan budi pekerti anak bangsa yang memiliki keimanan, ketakwaan, kejujuran, keadilan, empati, kerja keras, dan tangguh,” kata Bupati.

 

Menurut Jarot, saat ini kita hidup di era disrupsi karakter yang kompleks. Bukan hanya nilai individualisme yang menguat, tetapi primordialisme dan fanatisme sempit agama cenderung meluas di ruang public.

 

Revolusi industri 4.0 yang ditopang kecerdasan buatan, membuka celah potensi pengangguran dan kemiskinan. Hal ini dapat mengikis kekuatan karakter anak bangsa menjadi lemah, mudah menyerah, mengambil jalan pintas dan putus asa.

 

“Solusinya, tiada lain kita tetap teguh memegang nilai Pancasila yang membentuk karakter tangguh anak bangsa. Kita harus pastikan nilai-nilai Pancasila dapat terus diterima, dicerna, diresapi, dan diaktualisasikan pada seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.” (ril/03)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *