Bupati Kuburaya Buka TMMD di Desa Rasau Jaya 3

Upacara pembukaan TMMD di Kabupaten Kubu Raya (insidepontianak)

KUBURAYA, insidepontianak.com – Bupati Muda Mahendrawan mengapresiasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Rasau Jaya 3, Rasau Jaya, Kuburaya.

Menurut Bupati, TMMD berperan penting dalam mendorong percepatan menuju desa mandiri. Hal itu sebagai hasil sinergi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Kodam XII Tanjungpura.

Bacaan Lainnya

“Tantangan mewujudkan desa mandiri ini sebagaimana sinergi yang dicontohkan Gubernur dengan Pangdam dan Kapolda dalam upaya mewujudkan desa mandiri,” kata Muda seusai Upacara Pembukaan TMMD Imbangan ke-106 tahun 2019 di Rasau Jaya 3, Rabu (2/10/2019).

Pemerintah Kabupaten Kuburaya berkomit mendukung kebijakan kemitraan bersama TNI/Polri. Selain itu, TMMD juga menjadi ruang pengabdian bagi TNI/Polri bersama pemerintah kabupaten.

“Pada akhirnya tekad kita bagaimana di Kuburaya dari 31 desa yang masih tertinggal, statusnya meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Diantaranya melalui kegiatan fisik dan non-fisik yang dilakukan dalam program TMMD.”

Berdasarkan data terbaru pemerintah pusat, di Kabupaten Kuburaya saat ini terdapat 14 desa mandiri, 21 desa maju, dan 51 desa berkembang. Jumlah desa tertinggal sebanyak 30 desa dan 1 desa berstatus sangat tertinggal.

Sebelumnya, Kabupaten Kuburaya tidak memiliki desa berstatus mandiri. Sementara desa berstatus tertinggal dan sangat tertinggal mencapai lebih dari 60 desa.

Perwira Seksi Teritorial Satgas Operasi TMMD, Mayor Infanteri Hendro Satrio Wibowo mengatakan, pekerjaan di Desa Rasau Jaya 3 akan berlangsung 2-30 Oktober 2019.

TMMD akan dilaksanakan dalam 4 tahap, perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan purna. “Pertama sasaran fisik, yaitu pembuatan jalan rabat beton sepanjang 1.600 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm. Kemudian sasaran non-fisik, yakni penyuluhan.”

Penyuluhan yang diberikan antara lain kesadaran bela negara, pencegahan narkoba, manangkal paham radikalisme, bahaya terorisme, KB-kesehatan, antisipasi kebakaran hutan dan lahan, ketahanan pangan, serta wawasan kebangsaan.”

Jumlah personel yang terlibat dalam TMMD berjumlah 80 orang dari unsur Kodim 1207/BS, Yonkav XII/BC, Polresta Pontianak Kota, BNN, dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. (ip/03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *