Kapolda Kalbar: Personel Polri Jadilah Penerang

Seremonial api unggun pendidikan siswa bintara Polda Kalimantan Barat (Dok. Polda Kalbar)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Kapolda Irjen Pol Didi Haryono menjelaskan makna seremonial api unggun dalam rangkaian Pendidkan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polda Kalimantan Barat

Menurut Didi, api unggun menjadi simbol penerang. Diharapkan lulusan Diktuk Bintara Polda Kalbar dapat menjadi personel yang memberi cahaya bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Api unggun mengandung makna dan pesan moral yang luas serta memiliki aura sakral, wibawa, dan penuh rasa khidmat,” kata Irjen Pol Didi Haryono, saat kegiatan api unggung Diktuk Bintara Polda Kalbar, Rabu (2/10/2019) petang.

Dia menjelaskan, api memiliki dua sifat yang bertentangan: baik dan buruk atau merusak. “Jadilah api yang memiliki sifat baik. Dapat memberikan penerangan di tengah kegelapan dan juga api yang bersahabat kepada masyarakat serta mampu memberikan rasa aman dan nyaman.”

Seremonial api unggun diharapkan menumbuhkan semangat juang para peserta pendidikan. Semangat ini diperlukan terutama untuk menghadapi long march para siswa bintara yang menempuh jarak 30 kilometer.

“Saya mengimbau agar siswa Diktuk bintara Polri perbatasan dalam melaksanakan kegiatan ini harus konsentrasi. Serius dan sungguh-sungguh karena apa yang akan siswa laksanakan bukan kegiatan biasa tapi memerlukan ketahanan fisik dan mental.”

Sebagai informasi, acara Kapolda di Singkawang diawali meninjau perkembangan pembangunan Sekolah Kepolisian Negara (SPN). Turut mendampingi, Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugianto, Ketua PD Bhayangkari Kalbar, Wali Kota Singkawang, Karolog Polda Kalbar, Dirintelkam, Kabiddokkes Polda Kalbar, Ka SPN Pontianak, dan Kapolres Singkawang. (ril/03)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *