Bupati Sintang Minta Warga Solam Raya Tingkatkan Ekonomi Desa

  • Bagikan
Bupati Jarot memotong tumpeng saat peringatan HUT Desa Solam Raya (Dok. Humas Pemkab Sintang)

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang Jarot Winarno, meminta warga Desa Solam Raya meningkatkan perekonomian desa. Desa Solam Raya memiliki produk unggulan pembibitan ikan.

Hal itu diungkapkan Bupati saat menghadiri perayaan hari ulang tahun Solam Raya ke-37 di Lapangan Sepakbola Desa Solam Raya, Sabtu (5/10/2019). Menurut Jarot, Desa Solam Raya semula permukiman transmigrasi yang dimekarkan menjadi desa.

Solam Raya memiliki produk unggulan pembibitan ikan yang sudah terkenal di Kalimantan Barat. Potensi ini kata Bupati menjadi modal utama membangun desa sehingga tercipta suasana rukun dan tentram sehingga menjadi desa madani yang bermartabat.

“Solam Raya termasuk desa kesanyangan. Solam Raya ini ditunjuk menjadi desa program pengembangan ekonomi masyarakat melalui bantuan bibit ikan. Agar kehidupan masyarakat desa tidak hanya tergantung pada sawit dan dan karet saja,” kata Jarot.

Tokoh masyarakat Desa Solam Raya, Sarwiji mengatakan warga transmigran kali pertama tiba di daerah ini pada 2 Oktober 1982. Warga transmigran yang berasal dari Banyumas, Lumajang, Blora, Cianjur, dan Purwakarta awalnya menempati desa persiapan.

Desa Solam Raya dibangun dengan menyatukan Dusun Sokek dan Laman Natai. Soleman kemudian ditunjuk sebagai Kepala Desa pertama tahun 1985. “Setelah tiga tahun berjalan, terbentuklah desa transmigrasi atau desa persiapan ini menjadi desa yang saat ini kita sebut Solam Raya,” kata Sarwiji.

Kedatangan Bupati Jarot ke Desa Solam Raya disambut tarian kesenian kuda lumping. Acara kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati sebagai wujud rasa syukur atas berkah yang diberikan kepada warga desa.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: